kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CTRA meraup marketing sales Rp 5,2 triliun


Selasa, 10 Oktober 2017 / 11:02 WIB
CTRA meraup marketing sales Rp 5,2 triliun


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengembang properti PT Ciputra Development Tbk mengklaim membukukan pra penjualan atau marketing sales Rp 5,25 triliun sepanjang Januari-September 2017.

Harun Hajadi, Direktur PT Ciputra Development Tbk mengatakan, kontribusi penjualan masih didominasi oleh  proyek-proyek yang sudah ada (existing). Hingga September 2017, CitraLand Surabaya berkontribusi paling besar terhadap total marketing sales emiten berkode CTRA di Bursa Efek Indonesia itu. "CitraLand Surabaya kontribusinya 27% dari total Rp 5,25 triliun," kata Harun kepada KONTAN, Minggu (8/10). 

CTRA menargetkan perolehan marketing sales sampai akhir tahun bisa mencapai Rp 8,5 triliun. Untuk mengejar target tersebut Ciputra Development getol merilis proyek baru.  Tahun ini, CTRA meluncurkan beberapa proyek baru seperti CitraLand Cibubur dan Tallasa City Makassar.

Selain itu, emiten yang berdiri sejak 1981 ini juga melempar kluster baru di proyek lama, seperti Northwest Hill di CitraLand Surabaya, Sunset Cove 8 dan Treasure Island di CitraLand City Losari Makassar, Sulawesi Selatan, The Orchad di CitraGarden Sidoarjo, New York di CitraHarmoni Sidoarjo, Beverly Hills di Bagya City Medan, dan Livistona di Cibubur.

Di sisa waktu tahun ini, CTRA juga tengah menyiapkan peluncuran proyek baru lagi, menyusul Apartemen Newton 2 di CBD Jakarta yang diluncurkan dua bulan lalu. Harun menyebut sejak awal semester II-2017. tengah menyiapkan proyek di Batam.

Menilik laporan keuangan per semester I-2017, di sisa bulan tahun ini, CTRA masih memiliki beberapa proyek properti investasi yang akan menjadi pendapatan sewa  berulang. Salah satunya adalah proyek Ciputra World 2 Jakarta yang ditargetkan rampung kuartal IV-2017. Saat ini  proses pengerjaan Ciputra World 2 Jakarta, sudah 83%.

Proyek lainnya adalah Ciputra World Surabaya yang mencakup mal tahap III, gedung parkir, SOHO, dan VOILA yang ditargetkan selesai tahun depan. Per Juni 2017 lalu, proses pengerjaannya sudah mencapai 87%.

Ciputra Development juga mengandalkan pra penjualan di paruh kedua tahun ini dari proyek properti di Makassar, yakni CitraLand City Losari (CLCL) dan CitraLand Tallasa City (CLTC).

Menurut Harun, dari kedua proyek tersebut, CLTC sudah mencatatkan marketing sales sekitar Rp 310 miliar. Sementara dari CLCL belum ada kontribusi karena masih dalam tahap reklamasi yang sedang berjalan. "Karena CLCL masih reklamasi, kami belum jualan tapi masih dalam bentuk pemesanan," sebutnya.

Ciputra Development memproyeksikan tahap reklamasi tersebut tuntas sekitar akhir November 2017 nanti dan akan dilanjutkan dengan pembuatan revetment atau bangunan yang memisahkan daratan dan perairan pantai, prefabricated ertical drain, kanal-kanal, dan settlement. "Itu memakan waktu sampai tahun," imbuhnya.

Sampai akhir tahun nanti, Harun memperkirakan perolehan marketing sales untuk proyek CLTC saja mencapai Rp 400 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×