kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,45   -4,35   -0.46%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

DAMRI akan ubah armada busnya yang bermesin diesel menjadi bus listrik


Selasa, 15 Desember 2020 / 20:18 WIB
DAMRI akan ubah armada busnya yang bermesin diesel menjadi bus listrik
ILUSTRASI. DAMRI bakal mengubah armadanya yang masih memakai mesin diesel menjadi bus listrik.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) bakal mengubah armadanya yang masih memakai mesin diesel menjadi bus listrik.  DAMRI akan menjalankan program retrofit bus listrik untuk transportasi umum yang dilakukan DAMRI.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Sidik Pramono menyebutkan ada beberapa partner swasta dalam program ini yakni PT Spora Tehnika Indonesia (Spora EV), Danfoss, PT Optima Integra Tehnika, PT Widya Adidaya Nusantara, dan PT ZFAG Aftermarket.

"Program retrofit, secara umum adalah program yang mengubah kendaraan konvensional, dalam hal ini bus lama bermesin diesel atau gas, menjadi bus listrik yang lebih ramah lingkungan, lebih ekonomis dari sisi kebutuhan investasi, dan lebih rendah biaya operasionalnya," ujar Sidik dalam siaran pers, Selasa (15/12).

Baca Juga: Akan operasikan bus listrik, Damri terima charger station dari Spora Teknika

Purwarupa pertama program retrofit ini akan mulai dikembangkan pada semester pertama 2021 dan akan dilanjutkan dengan proses retrofit armada DAMRI secara bertahap. DAMRI juga berencana untuk membuka program retrofit ini bagi operator transportasi darat lainnya, baik dari pihak swasta, pemerintah daerah, maupun instansi pemerintah yang berminat.

"Dalam program retrofit ini, DAMRI bekerja sama dengan beberapa partner penyedia teknologi, baik dari pihak swasta maupun dengan BUMN lain yang berkompeten di bidangnya," imbuh Sidik.

 

Selanjutnya: Damri buka penjualan tiket Natal dan Tahun Baru, simak penyesuaian tarifnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×