kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,99   -29,74   -3.21%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Denso bangun pabrik ketiga senilai US$ 110 juta


Rabu, 12 September 2012 / 09:06 WIB
Denso bangun pabrik ketiga senilai US$ 110 juta


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Berkembangnya pasar otomotif di Indonesia membuat bisnis komponen dan produk pendukung kendaraan bermotor kian kinclong. Agar kinerja kian cemerlang, produsen alat pendingin kendaraan bermotor asal jepang, Denso International Asia Pte. Ltd mengumumkan pembangunan pabrik ketiga di di Bekasi, Jawa Barat.

Investor asal Jepang itu menambah investasi di Indonesia dengan mendirikan anak perusahaan baru bernama PT Denso Indonesia Fajar Plant. Nama perusahaan ini akan menjadi nama sementara perseroan, sampai pabrik ketiga itu beroperasi bulan Februari 2014 nanti.

Dalam siaran pers yang di umumkan di situsnya, Denso menanamkan investasi senilai US$ 110 juta untuk pabrik baru ini. Investasi itu untuk memproduksi produk berupa; engine control products, termasuk engine electronic control units (ECUs) dan variable cam timing (VCT) control systems, serta starters, alternators dan lainnya.

"Denso menganggap Indonesia sebagai pasar yang berkembang di Asia," kata pernyataan resmi Akio Shikamura, direktur eksekutif senior Kelompok Usaha Thermal DENSO Systems, Rabu (12/9).

Menurut Shijamura, kehadiran pabrik baru akan memperluas kapasitas produksi di Indonesia. “Pabrik ini akan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dalam hal investasi dan lapangan kerja," jelas Shikamura yang dikutip KONTAN, Rabu (12/9)

Perlu diketahui, Denso sudah hadir di Indonesia sejak 40 tahun silam dengan nama perusahaan PT Denso Indonesia. Saat ini, Denso sudah memproduksi produk pendingin untuk kendaraan bermotor, radiator, busi, filter, dan produk lainnya di dua pabrik miliknya di Sunter dan Bekasi.

Saat ini, PT Denso Indonesia dipimpin oleh Yutaka Yamanouchi, selaku Presiden Direktur. Sekitar 68,3% saham perusahaan ini dimiliki oleh Denso International Asia Pte. Ltd., sebesar 25,7% dimiliki oleh PT Astra Otoparts, sedangkan sisanya sebesar 6% di miliki oleh Toyota Tsusho Corporation.

Pada tahun 2011 lalu, perusahaan yang sudah memiliki dua pabrik ini sukses mengantongi penjualan sebesar US$ 481,2 juta dengan jumlah tenaga kerja 2.600 orang. Selain di Indonesia, Denso juga sudah beroperasi di 34 negara lainnya dengan jumlah tenaga kerja mencapai 126.000 orang.

Profil dari pabrik baru

Nama

PT Denso Indonesia Fajar Plant (nama sementara)

Lokasi pabrik

Bekasi, Jawa Barat

Nilai investasi

US$ 110 juta

Jumah karyawan

1300 tenaga kerja (sampai Maret 2016)

Luas areal pabrik

200.000 m2

Luas terpasang

24.000 m2

Produk

Engine electronic control units (ECUs) dan variable cam timing (VCT) control systems, serta starters, alternators

Sumber: Denso International Pte. Ltd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×