kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Deretan Motor Listrik Ini Kian Meramaikan Pasar Kendaraan Roda Dua Indonesia


Jumat, 19 Agustus 2022 / 17:02 WIB
Deretan Motor Listrik Ini Kian Meramaikan Pasar Kendaraan Roda Dua Indonesia
ILUSTRASI. Motor listrik Alva One dipasarkan pada ajang GIIAS 2022


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan di industri sepeda motor listrik Indonesia tampak semakin sengit. Sejumlah produk motor listrik dari beberapa produsen bermunculan di pasar dengan harga yang bervariatif.

Salah satunya adalah motor listrik merek Gesits yang diproduksi oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), cucu usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA). Sejauh ini, Gesits baru memiliki satu varian yang terdiri dari tiga pilihan warna, yakni merah, hitam, dan putih.

Harga jual motor listrik Gesits untuk on the road (OTR) Jakarta saat ini tercatat sebesar Rp 28,97 juta.

Sekretaris Perusahaan WIMA Bagas A. Sidharta menyampaikan, harga jual Gesits mencerminkan spesifikasi motor yang telah didesain sebagus mungkin. Produk ini juga diklaim menggunakan komponen-komponen terbaik di kelasnya.

Adapun komponen yang paling berpengaruh besar terhadap harga motor listrik tersebut adalah baterai, mengingat komponen ini masih diimpor dari luar negeri.

Baca Juga: Murah! Ini 3 Motor Listrik yang Harganya Tak Sampai Rp 10 Juta di GIIAS 2022

“Gesits sudah menggunakan Battery Management System (BMS) yang menjadi salah satu faktor keunggulan produk kami,” ungkap Bagas, Jumat (19/8).

Ia menambahkan, motor listrik Gesits memiliki 162 komponen yang mana 85% komponen tersebut diproduksi di dalam negeri. Produk ini pun memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 46,73%.

Ke depannya, pihak WIMA tentu berharap level TKDN pada motor listrik Gesits dapat terus ditingkatkan. Diharapkan pula baterai motor listrik bisa segera diproduksi di dalam negeri, sehingga harga produk tersebut juga dapat ditekan. “Nantinya, harga motor juga akan menyesuaikan,” imbuhnya.

Asal tahu saja, Gesits diproduksi di pabrik WIMA yang berada di Cileungsi, Jawa Barat. Tahun ini WIMA menargetkan dapat memproduksi 10.000 unit motor listrik Gesits.

Selain itu, ada Ilectra Motor Group (IMG), anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY), yang menjadi pendatang baru di industri motor listrik nasional. Pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, IMG memperkenalkan produk motor listrik bernama ALVA One yang dibanderol seharga Rp 34,99 juta.

Presiden Direktur IMG Purbaja Pantja mengatakan, pihaknya menginvestasikan dana sebesar US$ 15 juta untuk pengembangan motor listrik ALVA One pada tahun ini. Untuk saat ini, IMG masih fokus memasarkan ALVA One di area Jabodetabek. Namun, tidak menutup kemungkinan di masa-masa mendatang ALVA One dapat terjual di seluruh Indonesia, bahkan menembus pasar luar negeri.

“Mari lakukan satu per satu, Indonesia dahulu. Indonesia pun fokus di Jabodetabek dulu,” kata dia, Kamis (11/8) pekan lalu.

Baca Juga: Agar Tercipta Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ini Upaya yang Harus Segera Dilakukan

ALVA One diproduksi di pabrik IMG yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Di tahap awal, target produksi ALVA One dapat mencapai 100.000 per tahun. Motor ini pun memiliki TKDN di atas 40%.

Produsen elektronik, PT Hartono Istana Teknologi atau Polytron Indonesia juga ikut berkecimpung di industri motor listrik melalui model Polytron EVO Electric yang berbentuk skuter matik. Motor ini terdiri dari 5 pilihan warna yakni pure white, energy red, bolt yellow, kinetic blue, dan metalectric dengan harga sebesar Rp 28 juta.

Polytron EVO Electric dijual di jaringan showroom Polytron yang tersebar 68 titik di seluruh Indonesia. Motor ini juga dijual melalui situs resmi Polytron dan platform e-commerce Blibli.com yang bekerja sama dengan Polytron.

Lebih lanjut, terdapat PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) yang mengusung brand Selis untuk produk sepeda listrik, skuter listrik, dan termasuk motor listrik. SLIS memiliki 5 model motor listrik antara lain E-Max – Battery SLA, E-Max – Single Battery Lithium, E-Max – Dual Battery Lithium, dan Agats – Battery SLA.

Motor listrik Selis ini dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang termurah yakni Rp 15,5 juta untuk E-Max Battery SLA sampai yang termahal Rp 24 juta untuk E-Max – Dual Battery Lithium.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingin Tesla Buat Mobil Listrik di Tanah Air

Berikutnya, ada PT Artas Rakata Indonesia atau Rakata Motorcycle yang menjadi pemain motor listrik Tanah Air. Ketika ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 pertengahan Juli lalu, Rakata Motorcycle merilis dua model yaitu Rakata NX8 dan Rakata NX3.

Rakata NX8 memiliki desain sporty dengan dinamo penggerak 2.000 watt. Motor ini dihargai sebesar Rp 54,57 juta. Sedangkan, Rakata NX3 didesain seperti scooter premium yang juga memiliki dinamo penggerak 2.000 watt. Produk ini dijual dengan harga Rp 41,1 juta.

Tak ketinggalan, Volta Indonesia juga memiliki produk motor listrik melalui Volta 401 yang berbentuk scooter matic. Motor ini dibanderol sebesar Rp 15,75 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×