kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dewata Freight (DEAL) Incar Pertumbuhan Pendapatan Hingga 250% di Tahun 2022


Kamis, 30 Desember 2021 / 17:49 WIB
Dewata Freight (DEAL) Incar Pertumbuhan Pendapatan Hingga 250% di Tahun 2022
ILUSTRASI. PT Dewata Freightinternational Tbk (DEAL).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  PT Dewata Freight International Tbk (DEAL) mengincar pertumbuhan pendapatan yang signifikan pada tahun depan. Emiten yang bergerak di bidang jasa pengurusan transportasi (freight forwarding) ini memproyeksikan kenaikan pendapatan hingga 250% dibandingkan tahun 2021.

Corporate Secretary Dewata Freight International Nur Hasanah mengungkapkan, ada sejumlah faktor yang mendorong optimisme DEAL dalam meraih kenaikan pendapatan. Faktor utamanya adalah karena DEAL sudah mengantongi beberapa kontrak untuk tahun depan.

"Kami mengharapkan pertumbuhan YoY 250%, dimana tahun ini perseroan telah mengantongi beberapa kontrak untuk tahun 2022," ujar Nur Hasanah saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (30/12).

Selanjutnya, faktor pendorong kinerja DEAL adalah tambahan service untuk chemical trading and losgitics distribution. Selain itu, ada dua emerging business yang sedang diinisiasi oleh DEAL, yakni integrated logistics servic dan integrated project management diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal untuk kinerja pada 2022.

Baca Juga: Menilik strategi DEAL menghadapi tantangan industri logistik tahun 2022

Sementara secara eksternal, pengendalian pandemi covid-19 serta berlanjutnya tren pertumbuhan ekonomi menjadi faktor yang juga menentukan. Selain itu, faktor yang berpengaruh lainnya ialah mengenai floating system dari shipping line dan ketersediaan kontainer, serta dukungan pendanaan dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. 

DEAL pun memiliki peta jalan (roadmap) pengembangan bisnis hingga tahun 2025. Dalam roadmap tersebut, DEAL baru akan mengalokasikan belanja modal (capex) pada tahun 2023 yang akan dipakai untuk keperluan chemicals manufacturing dan warehousing. Sedangkan untuk tahun 2021 dan 2022, DEAL masih mengerem belanja modal.

"Perseroan akan fokus untuk membenahi kinerja keuangan dulu dengan optimalisasi dari aset dan kontrak yang sudah diperoleh saat ini. Perseroan tahun ini berfokus pada perbaikan kinerja keuangan melalui efisiensi dan efektifitas dengan improvement di bussines model sehingga dapat lebih adaptif dengan perubahan dan kondisi logistik," tutur Nur.

Direktur Utama Dewata Freight International, M. Ibnu Fajar menambahkan bahwa pada tahun depan, secara konsolidasi DEAL akan fokus pada beberapa program kerja. Meliputi logistic services, EPC contractor & power services, mining contractor & logistics, serta chemical trading & transportation.

 

Sebagai upaya mencapai improvement di business model, DEAL mempersiapkan emerging business di bidang Integrated Logistics Services dan Integrated Project Management. Dalam melengkapi proses tersebut, DEAL sedang mencari dukungan mitra yang berkompeten di ranah digital.  

Ibnu menilai mitra digital ini akan memungkinkan co-creation berkelanjutan yang menyelaraskan transformasi digital dengan inovasi dalam customer experience, kinerja operasi, dan strategi sustainability

"Diharapkan hal itu dapat melampaui perilaku transaksional yang bersifat konvensional dengan model 'customer-supplier'. Sehingga upaya menyelaraskan tujuan bersama demi meningkatkan efisiensi, sustainability, dan customer experience kepada pelanggan dapat tercapai," sebut Ibnu.

Adapun untuk kinerja sampai tutup tahun 2021, DEAL mengejar pertumbuhan pendapatan sebanyak 20% secara YoY. "Kinerja 2021 didorong beberapa program kerja yaitu Cost Reduction, optimalisasi pendapatan dari anak usaha dan pemilihan sektor komoditas untuk jasa pengiriman, yang semula fokus ke infrastruktur sekarang ke angkutan oil & gas," pungkas Ibnu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×