kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di tengah pandemi, permintaan ekspor edamame dan porang tinggi


Sabtu, 07 Agustus 2021 / 20:07 WIB
Di tengah pandemi, permintaan ekspor edamame dan porang tinggi


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, permintaan produk-produk pertanian, utamanya edamame dan porang meningkat. Hal ini tak terlepas dari kesadaran masyarat menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan sehat di era pandemi ini.

Karena itu, Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung upaya peningkatan ekspor pertanian sesuai program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks). 

Kepala Barantan Kementan, Bambang, mengatakan, sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait peningkatan ekspor pertanian tiga kali lipat (Gratieks) terus melakukan dorongan ekspor komoditas pertanian melalui berbagai aspek.

"Kami sangat terbuka dan mendukung ekspor produk andalan seperti edamame dan porang. Silakan menghubungi badan karantina pertanian di daerah masing-masing untuk berdiskusi dan berkoordinasi apabila ada kendala,” ujar Bambang, saat menjadi pembicara utama dalam Diskusi Webinar yang diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bertemakan “Mendorong Ekspor Berbasis Kawasan", Sabtu (7/8).

Baca Juga: Austindo Nusantara Jaya (ANJT) mengekspor edamame ke Jepang

Diskusi ini terselenggara berkat dukungan Barantan Kementan dan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. Ada tiga pembicara dalam webinar yaitu Presiden Direktur PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), Erwan Santoso, Ketua DPW Pegiat Petani Porang Nusantara Deny Welianto, dan Pejabat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Barantan, Abdul Rahman.

Bambang menjelaskan Badan Karantina berupaya meningkatkan ekspor melalui berbagai kegiatan Gratieks, peningkatan informasi, dan menjalin kerjasama dengan entitas terkait baik di pusat maupun daerah. Harapannya agar dapat menambah kemanfaatan atau kesejahteraan bagi petani dan pelaku agribisnis.

Sementara itu, Erwan menjelaskan bahwa pihaknya mulai membudidayakan edamame sejenis kacang-kacangan yang memiliki protein dan antioksidan tinggi. Semenjak 2015, GMIT membeli edamame dari para petani mitra dan menjualnya ke pasar domestik. Jenis produk edamame untuk pasar domestik antara lain edamame segar, edamame beku (edashi), mukimame (edamame kupas). Di pasar ekspor, perusahaan menjual produk edamame beku, mukimame, dan okra  beku. 

“Tren pasar ekspor edamame sangatlah bagus. Di kala pandemi, ada kenaikan permintaan di negara tujuan ekspor. Baru tahun lalu, kami mulai ekspor edamame,” ujar Erwan. 

Di dalam negeri, dikatakan Erwan, produk edamame segar menjadi pilihan konsumen yang sebagian besar diserap kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali. Pilihan produk segar menunjukkan pertumbuhan ketika munculnya pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Menteri Teten siapkan koperasi percontohan di sektor pangan

"Sekarang ini, konsumen beralih kepada produk segar. Perusahaan dapat menjual ratusan ton edamame segara ke berbagai kota besar terutama Bali. Sebab, banyak wisatawan terutama asal Jepang yang mengunjungui Bali," ujarnya.

Erwan menjelaskan perusahaan berkomitmen dan fokus kepada manajemen keamanan pangan (food safety). Konsep Food Safety ini menuntut kemampuan industri pengolahan menerapkan sistem keamanan pangan di setiap unit proses dan pengadaan bahan baku, sehingga produknya aman dikonsumsi. Dalam food safet ini melibatkan banyak dokuemen yang harus disediakan bagi tujuan ketertelusuran jika terjadi komplai atau ketidaksesuaian. 




TERBARU

[X]
×