Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah persaingan bisnis e-commerce, Blibli tentunya akan terus memperkuat pengalaman berbelanja secara online bagi seluruh pelanggan serta kemudahan bagi para seller yang sudah dan akan bergabung dengan Blibli.
Yolanda Nainggolan, Vice President Public Relations Blibli menjelaskan, hal ini karena Blibli ingin memastikan bahwa kegiatan transaksi online dapat berjalan terus guna menopang industri ritel dan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.
"Blibli akan terus memperkuat strategi omnichannel yang merupakan sinergi antara kanal penjualan online dan offline. Hal ini karena Blibli percaya bahwa online-to-offline (O2O), akan menjadi masa depan ritel karena menggabungkan kekuatan online dan offline tersebut," ujar Yolanda kepada kontan.co.id, Kamis (3/9).
Baca Juga: Gandeng BliBli, Aqua Japan tawarkan program belanja menarik
Menurut Yolanda, solusi omnichannel yang ditawarkan oleh Blibli termasuk Blibli Mitra yaitu solusi untuk memberdayakan usaha mikro seperti warung dan toko kelontong.
Serta solusi Click & Collect dan Blibli InStore yang memudahkan pelanggan dalam mencari dan memesan produk yang diinginkan secara online di platform Blibli dan mengambil barang pesanan langsung di toko pilihan secara offline dengan dukungan ekosistem pembayaran Blibli yang menyeluruh.
Blibli juga memberikan kemudahan bagi pelanggan yang berbelanja di Blibli dengan memperkenalkan fitur-fitur pembayaran yang baru serta meningkatkan ketersediaan produk serta layanan yang lengkap.
Blibli telah melakukan ekspansi solusi pembayaran yaitu bekerja sama dengan berbagai mitra termasuk kemitraan yang baru saja diluncurkan dengan OVO dan DANA untuk mendukung solusi pembayaran cashless.
Selain itu, penambahan solusi pembayaran PayLater. Pada Bulan April 2020, Blibli meluncurkan fitur terbaru yaitu PayLater yaitu opsi pembayaran di mana pelanggan bisa berbelanja barang yang diinginkannya dan dapat membayarkan tagihannya di bulan depan.
Opsi pembayaran ini membantu pelanggan dapat tetap berbelanja walau di tengah keadaan ekonomi dan finansial yang tidak menentu.
Kini Blibli juga sudah memiliki 10 metode pembayaran bersama total 38 mitra pembayaran meliputi uang elektronik, kartu kredit/debit, internet banking, dan transfer virtual account.
Selain itu Blibli juga terus menjalin Kerja sama dengan berbagai mini market untuk menerima pembayaran melalui jaringan toko tersebut. Sampai hari ini, Blibli merupakan e-commerce dengan opsi pembayaran terlengkap di Indonesia.
Blibli juga mempermudah para seller termasuk pelaku UMKM agar dapat terus berbisnis di tengah pandemi melalui berbagai macam inisiatif.
Seperti dukungan dari kategori Galeri Indonesia untuk mendorong pelaku UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya melalui berbagai macam kurasi dan pendampingan, mempercepat dan mempermudah proses onboarding agar para mitra seller dan go online, kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pihak swasta dan pemerintah dalam memberikan pelatihan kewirausahaan digital.
Selain itu, dukungan layanan logistic end-to-end Fulfillment By Blibli (FBB) yang mengoptimalkan kehadiran 20 warehouse dan 32 Hub yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia
Baca Juga: BTS hadir bersama Tokopedia di televisi & streaming, Blibli pilih Dian Sastro & Najwa
"Blibli juga berkomitmen untuk memberikan kenyamanan pelanggan agar tetap merasa aman ketika berbelanja di Blibli. Menjaga keamanan transaksi dan data adalah prioritas Blibli dalam membangun kepercayaan pelanggan," katanya.
Yolanda menyebut, Blibli telah menjadi e-commerce lokal pertama yang menerima sertifikasi keamanan data ISO/IEC 27001:2013 di mana Blibli telah menerapkan berbagai strategi termasuk arsitektur IT dan application programming interface (API) dalam memastikan ketahanan keamanan data.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News