kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Didesak barang impor, penjualan POLY turun di kuartal-III tahun ini


Jumat, 29 November 2019 / 17:04 WIB
Didesak barang impor, penjualan POLY turun di kuartal-III tahun ini
ILUSTRASI. agung.hidayat-By agung. Direksi POLY-PT Asia Pacific Fiber, TBK (POLY) optimis meraih bottomline yang positif di tahun depan


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) membukukan penurunan penjualan sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. Perseroan mengaku, derasnya barang impor Teksil dan Produk Tekstil (TPT) turut mempengaruhi penjualan komoditas yang diproduksi perseroan.

Mengulik laporan keuangan POLY, penjualan sepanjang kuartal ketiga 2019 senilai US$ 312,68 juta atau turun 12,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya US$ 358,3 juta. Ravi Shankar, Direktur Utama POLY mengatakan penurunan penjualan disebabkan melemahnya harga jual produk.

Baca Juga: Ada Angin Segar untuk Emiten Tekstil

Hal ini disebabkan oleh penurunan kondisi ekonomi Indonesia umumnya dan sebagian wilayah di dunia. "Selain itu konsumsi polyester di China mengalami penurunan sehingga dialihkan melalui ekspor ke negara lain termasuk Indonesia," terang Ravi saat paparan publik perseroan berlangsung, Jumat (29/11).

Impor benang dan fiber dengan harga yang lebih murah tersebut membuat produsen lokal terdesak. Lebih lanjut diketahui beban pokok penjualan POLY turut turun 11,2% year on year (yoy) menjadi US$ 290,04 juta sampai akhir September 3019 ini.

Beban yang menyusut belum dapat membantu kenaikan laba dikarenakan pendapatan yang terkikis. Sehingga laba kotor yang tercatat di kuartal-III 2019 ialah US$ 22,63 juta atau turun 27% dibandingkan periode yang sama tahun kemarin US$ 31,36 juta.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Dengarkan Keluhan Para Pelaku Industri Tekstil

Sementara itu pos beban lainnya turut menggerus perolehan bottomline POLY, alhasil sampai sembilan bulan pertama tahun ini perseroan membukukan rugi bersih US$ 3,16 juta. Padahal pada kuartal tiga tahun lalu perusahaan masih mencatatkan laba bersih US$ 16,78 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×