kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dipasangi jargas, warga kota Mojokerto beli gas Rp 4.250 per m3


Jumat, 09 Februari 2018 / 18:33 WIB
Dipasangi jargas, warga kota Mojokerto beli gas Rp 4.250 per m3
ILUSTRASI. Jaringan gas rumah tangga PGN


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meresmikan pengoperasian jaringan gas (jargas) rumah tangga di Kota Mojekerto. Pemerintah mengklaim harga gas dari jargas untuk rumah tangga ini lebih murah ketimbang biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk membeli LPG 3 kilogram (kg) selama sebulan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan, harga jargas untuk wilayah kota Mojokerto sebesar Rp 4.250 per meter kubik. "Harga jargas untuk wilayah Jawa Timur khususnya Kota Mojokerto Rp 4.250 per meter kubik," kata Jonan dalam keterangan tertulis pada Jumat (9/2).

Penggunaan jargas selain memberikan harga gas yang lebih terjangkau bagi masyarakat juga menjadi bagian dari upaya pemerintah mengurangi impor LPG. Jonan menyampaikan, penggunaan jargas untuk rumah tangga akan membawa banyak manfaat. Salah satunya mengurangi ketergantungan terhadap impor Liquefied Petroleum Gas (LPG).

"Setahun kebutuhan kami 6,5 juta ton, 4,5 juta di antaranya masih impor. Meski produksi gas bumi kita 1,2 juta setara barel oil per hari, jenis yang dihasilkan bukan C3 dan C4 yang bisa dibuat LPG," ujar Jonan.

Seperti diketahui, Jonan baru saja meresmikan 10.101 Sambungan Rumah (SR) Jaringan Distribusi Gas Bumi (Jargas) Rumah Tangga wilayah Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto dari pendanaan Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) Tahun 2017.

Pembangunan infrastruktur jargas di Kota Mojokerto ditugaskan kepada Perusahaan Gas Negara/PGN (Persero). Sementara, PT Pertamina (Persero) mendapatkan mandat untuk membangun jargas di Kabupaten Mojokerto. Total pembiayaannya mencapai sekitar Rp 86 miliar.

Dalam acara peresmian jargas di Kota Mojokerto ini hadir pula pada kesempatan tersebut Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim, Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani, Walikota Mojokerto Masud Yunus dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto Pungkasiadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×