kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diskon Tarif Tol Minta Ditambah, Begini Respons Bos Jasa Marga (JSMR)


Rabu, 03 April 2024 / 21:54 WIB
Diskon Tarif Tol Minta Ditambah, Begini Respons Bos Jasa Marga (JSMR)
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan angkutan barang melintas di ruas tol Tangerang - Jakarta di Pinang, Kota Tangerang, Banten, Senin (1/4/2024). Korlantas Polri menerapkan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang khususnya di ruas jalan tol saat arus mudik Lebaran 2024, pembatasan angkutan barang akan mulai berlaku pada Jumat, 5 April 2024 pukul 09.00 sampai Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menanggapi soal kisruh diskon tarif tol untuk digratiskan pada medio mudik lebaran 2024.

Subakti yang kini juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI) menyebut bila hal tersebut sulit untuk diwujudkan, pasalnya ini bertolak belakang dengan bisnis Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Maaf mengenai kenapa di Malaysia gratis ini mungkin bisa jadi diskusi, kan kita ini sudah diskusi di ATI, kebetulan saya ketuanya, susah sekali ngasih diskon ini,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Rabu (3/4).

Baca Juga: Potongan Tarif 20% Jalan Tol Jakarta-Semarang Mulai Berlaku Hari Ini

Subakti menjelaskan, alasan Negeri Jiran menggratiskan tarif tol pada momen lebaran karena implementasi tol gratis di sana berasal dari subsidi pemerintahnya yang mencapai 37,6 juta ringgit atau setara Rp 126,3 miliar.

“Misalnya kita mau beri diskon agak besar sampai 50%, itu (dibagi) ATI berapa persen dan pemerintah berapa persen,” jelasnya.

Dia bilang, jika diskon tarif tol tersebut ditanggung seluruhnya oleh BUJT, maka hal tersebut bakal membebankan bisnis perusahaan. Terlebih, saat ini perusahaan berkode saham JSMR tersebut merupakan perusahaan terbuka.

“Karena kita juga kan ada milik public juga, apalagi sekarang ada asing masuk ke tol lagi, tidak semua milik BUMN. Paling memungkinkan (jika ingin diskon tarif tol besar) ya sharing lah,” tandasnya.

Baca Juga: Ini Ruas Tol yang Dapat Diskon Tarif di Mudik Lebaran 2024

Untuk diketahui, saat ini diskon tarif tol 20% berlaku di beberapa jalan tol, pertama Trans Jawa di antaranya Tangerang-Merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Cikampek Elevated, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang ABC dan Jombang-Mojokerto.

Berikutnya, diskon tarif tol 20% juga berlaku di Trans Sumatera antara lain, jalan tol Indralaya – Prabumulih dan Terbanggi Besar - Pematang Panggang – Kayu Agung.

Ini mulai berlaku pada 3 April mulai pukul 5.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 5.00 WIB. Sementara diarus balik diskon berlaku pada 17 April pukul 5.00 WIB sampai dengan 19 April pukul 5.00 WIB.

Baca Juga: Diminta Naikkan Diskon Tarif Tol Jadi 50%, Begini Respon Kementerian PUPR

Kedua, diskon tarif tol sebesar 14% - 35% yang diberikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJ) untuk jalan Tol Krian - Legundi - Bunder. Namun, diskon tarif ini hanya untuk kendaraan non golongan I.

Adapun rinciannya, golongan II dan III dikebakan diskon sebesar 14% sementara golongan IV dan V sebesar 35%. Ini berlaku selama 17 hari mulai dari 3 April 2024 sampai 19 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×