kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.504.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.935   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Diversifikasi, Yanaprima Hastapersada (YPAS) genjot penjualan karung beras


Senin, 01 Juni 2020 / 16:47 WIB
Diversifikasi, Yanaprima Hastapersada (YPAS) genjot penjualan karung beras
ILUSTRASI. produk PT Yanaprima Hastapersada Tbk


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) ingin kinerjanya tetap terjaga di tengah merebaknya pandemi corona (Covid-19). Untuk itu, perusahaan akan mengalihkan sebagian produksi untuk membuat karung beras yang permintaannya dinilai masih stabil.

“Hal ini mengingat banyaknya organisasi dan individu yang membutuhkan karung beras untuk bantuan sosial di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Direktur YPAS Rinawati kepada Kontan.co.id pada Sabtu (30/5).

Lebih lanjut, Rinawati bilang, pada kuartal kedua tahun ini akan menjadi periode yang cukup menantang. Tantangan utama berasal dari masih merebaknya pandemi virus corona di Indonesia dan beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor perusahaan. 

Baca Juga: Harga bahan baku turun, Yanaprima Hastapersada (YPAS) cetak untung di kuartal I-2020

Belum lagi, pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah juga membuat pelanggan industri menjadi cenderung mengerem pembelian karung ke perusahaan. 

Di sisi lain, YPAS juga musti menanggung pengeluaran lebih banyak lantaran harus membayar beban tunjangan hari raya (THR) untuk karyawan. Oleh karenanya, strategi untuk memaksimalkan produksi dan penjualan karung beras diharapkan bisa menjadi solusi di tengah kondisi yang serba sulit tersebut.

Keputusan untuk memaksimalkan produksi dan penjualan karung beras sejatinya merupakan bagian dari upaya diversifikasi yang tengah dilakukan oleh YPAS tahun ini. 

Pada kuartal I-2020, YPAS sudah mulai menjajal segmen industri makanan seperti misalnya tepung dan gula dengan cara memproduksi produk kemasan food grade.

Mulanya, strategi ini berdasar pada adanya peluang permintaan pasar yang menjanjikan untuk produk kemasan untuk tepung dan gula meski di tengah pandemi. Bak gayung bersambut, YPAS mendapati permintaan kemasan yang cukup tinggi dari industri tepung dan gula pada bulan Maret 2020 lalu.

Namun demikian, sayangnya permintaan kemasan dari industri tepung dan gula mulai mengalami mengendur setelah memasuki bulan April hingga Mei 2020 lalu. Dugaannya,  hal ini didorong oleh lesunya permintaan tepung dan gula karena penutupan sejumlah restoran dan hotel seiring mewabahnya pandemi Covid-19 ini. 

Alhasil, peningkatan tepung dan gula yang biasanya melonjak sebulan menjelang lebaran tidak terjadi tahun ini. Kondisi inilah yang kemudian melatarbelakangi keputusan YPAS untuk mengalihkan sebagian kegiatan produksinya untuk memproduksi karung beras. 

Selagi upaya ini dilakukan, YPAS akan terus melakukan kajian pasar guna memetakan industri-industri dengan peluang permintaan pasar yang masih menjanjikan untuk dimasuki ke depannya. 

Baca Juga: Ada pandemi corona, Yanaprima Hastapersada (YPAS) pasang target konservatif tahun ini

“Tetapi hal ini masih dalam proses sehingga kami belum bisa memastikan dan menginformasikannya,” imbuh Rinawati.

Bicara soal proyeksi, YPAS mengaku optimis bisa mencatatkan realisasi kinerja yang lebih baik di semester I 2020 dibandingkan periode sama tahun lalu. Sayangnya, Rinawati tidak merinci bagaimana dan seberapa besar pertumbuhan kinerja yang dimaksud.

Sebagai pembanding, YPAS membukukan penjualan bersih sebesar Rp 187,85 miliar di semester I 2019 lalu. Sementara pada sisi bottom line, YPAS masih mencatat rugi bersih sebesar Rp 2,33 miliar di periode yang sama.

Nah, pada triwulan pertama lalu, YPAS sudah berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 3,34 miliar. Sayangnya, penjualan bersih perusahaan malah merosot ke Rp Rp 73,18 miliar. 

Komposisinya, penjualan karung plastik sebesar Rp 13,27 miliar, kantong semen senilai Rp 46,89 miliar, roll sheet dan sandwich sheet sebesar Rp 9,68 miliar, dan lain-lain sebesar Rp 3,33 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×