kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Kemajuan 10.000 UMKM Lokal, Lummo Gencarkan Program Pendampingan Bisnis


Jumat, 25 Maret 2022 / 21:17 WIB
Dorong Kemajuan 10.000 UMKM Lokal, Lummo Gencarkan Program Pendampingan Bisnis
ILUSTRASI. Aplikasi Pendukung Bisnis UMKM. KONTAN/BAihaki/19/01/2022


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan rintisan (Startup) lokal penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis pelaku usaha dan pemilik merek dengan pelanggannya (Direct to Consumer - D2C, -SaaS) yakni Lummo menyatakan komitmennya untuk memperkuat kompetensi UMKM daerah. Lummo menargetkan dapat mendorong kemajuan lebih dari 10.000 UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing melalui Lummo Semesta dan LummoSHOP.

Dalam Media Interview with Kontan, Kamis (24/3), Fandy Silalahi selaku VP of Community and Merchant Success LummoSHOP mengatakan, kondisi UMKM saat ini sebagian besar sudah mengerti cara penjualan secara online. Menurutnya, dengan adanya pandemi UMKM semakin terakselerasi.

Fandy menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun oleh Google yakni e-conomy SEA 2021, dari 2020 ke 2021 terdapat pertumbuhan ekonomi digital sebesar 75%. Dari situ, Fandy menilai sudah banyak sekali masyarakat yang mulai memperhatikan perkembangan digital.

Hanya saja, dirinya menyoroti ada kebiasaan-kebiasaan para UMKM yang belum berkomitmen penuh dalam berjualan ataupun belum memahami bagaimana memanfaatkan teknologi digital secara maksimal.

Baca Juga: Aplikasi Wirausaha yang Dukung Pengembangan Bisnis UMKM

“Jadi UMKM jualan online cuma taruh barang aja di marketplace. Padahal, masih ada langkah lainnya yang juga dibutuhkan untuk UMKM agar bisa membangun brand mereka di online,” ujar Fandy.

Berangkat dari hal tersebut, Lummo tergerak untuk memberdayakan UMKM lokal agar bisa berdaya saing tinggi dalam mengembangkan bisnis mereka secara online.  Perusahaan rintisan ini menghadirkan program pendampingan, mentorship dan pelatihan kepada pelaku usaha melalui program Lummo Semesta.

Beragam kegiatan pendampingan dihadirkan dalam program Lummo Semesta diantaranya Lummo Webinar yaitu program lokakarya daring dengan berbagai topik terkait pengembangan bisnis. Dalam acara webinar ini, para pelaku usaha diberikan arahan agar bisnisnya bisa mengalami pertumbuhan.

Tak jarang, Fandy bilang, UMKM masih banyak yang bingung untuk melangkah lebih jauh. Dirinya melihat masih banyak pelaku usaha yang berkeinginan untuk mengiklankan produk di facebook karena terlihat menarik, tapi belum tahu cara memulainya.

“Melalui Lummo Semesta, kami mengajari pelaku usaha untuk meng-handle komplain customer di sosial media. Nah ini yang kita ajarkan di program webinar kita. Jadi round the clock, 7 hari seminggu program jalan terus,” tuturnya.

Fandy melanjutkan, dalam program Lummo Semesta juga terdapat Lummo Support Partners yaitu program pendampingan usaha bersama para praktisi berpengalaman, agensi marketing, dinas dan lembaga pemerintahan.




TERBARU

[X]
×