CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Dorong Petani Milenial, EdenFarm Luncurkan ECF Caringin


Senin, 07 Maret 2022 / 17:11 WIB
Dorong Petani Milenial, EdenFarm Luncurkan ECF Caringin
ILUSTRASI. EdenFarm


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Misi EdenFarm dalam menciptakan ekosistem pangan yang berkelanjutan terus dibuktikan melalui berbagai upaya strategis, salah satunya dengan peluncuran Eden Collection Facility (ECF) Caringin, Sabtu (5/3).

ECF merupakan sentra komoditas EdenFarm yang tidak hanya akan mengoptimalkan rantai pasok, tetapi juga memberikan pendampingan kepada petani dengan skema pola tanam yang terstruktur dan secara kontinyu menyerap hasil produksi dari komoditas pertanian setempat.

Chief Ececutive Officer (CEO) EdenFarm David Setyadi Gunawan mengungkapkan, salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan ekosistem pangan yang berkelanjutan adalah panjangnya sistem rantai pasok dari produsen ke konsumen.

Baca Juga: Kecurigaan Kemendag, Banyak Warga yang Timbun Minyak Goreng di Dapur

“Kami mendesain Eden Collection Facility sebagai sentra komoditas pasca panen, dimana kami menampung hasil tani, untuk kemudian disortir dan disalurkan ke Eden Fulfillment Center di kota-kota besar. Melalui ECF tim EdenFarm akan memberikan pembinaan kepada petani dengan skema pola tanam yang terstruktur serta edukasi rutin, sebagai upaya pengembangan pertanian berkelanjutan,” ujar David.

Peresmian ECF dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat, Dadan Hidayat, dan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, Siti Nurianty.

Dalam sambutannya, Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan apresiasinya terhadap EdenFarm yang telah melakukan kegiatan pertanian luar biasa, dengan bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat, dan menampung hasil pertanian bukan hanya di Bogor, tapi juga di Garut dan Sumedang.

“EdenFarm membayar hanya dengan selisih 1 hari dari barang diterima, sehingga sangat membantu petani khususnya di Jawa Barat,” kata Uu.

Saat ini ECF Caringin merupakan salah satu jalur distribusi untuk pemenuhan demand dari pasar seluruh Jawa. Ke depannya EdenFarm akan menambah beberapa ECF di Jawa Barat untuk menjaga kestabilan supply dan demand serta pemberdayaan petani lokal, antara lain di Cianjur, Sumedang, Sukabumi, Garut dan Brebes.

Sejalan dengan misi Pemprov Jawa Barat dalam mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian melalui program Petani Milenial, dalam kesempatan ini CEO EdenFarm, David Setyadi Gunawan dan Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat, Dadan Hidayat, menandatangani Kesepakatan Bersama dimana EdenFarm akan berkomitmen untuk melakukan penyerapan hasil panen pertanian yang dihasilkan oleh Petani Milenial yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, serta meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendampingan dalam proses budidaya dan kepastian pasar terhadap hasil pertanian dari Petani Milenial.

Baca Juga: Bulog: Masuk Masa Panen, Stok Beras Aman

Kolaborasi EdenFarm dengan Petani Milenial telah berjalan sejak April 2021, dan hingga saat ini telah menyerap lebih dari 70.000 kg hasil panen dari mitra Petani Milenial di Garut dan Sukaraja, sementara EdenFarm sendiri mendistribusikan rerata 1000 ton hasil komoditas pertanian per bulannya ke berbagai segmen pelanggan.

Sebagai bentuk apresiasi bagi para petani binaan, EdenFarm mengeluarkan Kartu Petani EdenFarm yang memiliki berbagai manfaat bagi para petani, antara lain mempermudah akses petani dalam mendapatkan pendanaan untuk budidaya, hingga program loyalitas seperti beasiswa untuk anak petani dan umrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×