kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua opsi bagi calon penumpang Mandala Tiger Air


Senin, 23 Juni 2014 / 18:20 WIB
Dua opsi bagi calon penumpang Mandala Tiger Air
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di salah satu kantor cabang Bank BUMN di Jakarta, Kamis (2/6). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/06/2022.


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Edy Can


JAKARTA. Maskapai Mandala Tiger menghentikan operasi per 1 Juli 2014 mendatang. Rencana penghentian operasi ini sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan.

Nah, bagaimana dengan nasib penumpang yang telah membeli tiket Mandala Tiger yang terbang setelah 1 Juli mendatang? Kementerian Perhubungan menyatakan, Mandala Tiger sudah berkomitmen dan bertanggung jawab bagi penumpang yang telah membeli tiket.

Kepala Bagian Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Israfulhayat mengatakan, ada dua opsi penyelesaian bagi penumpang Mandala Tiger tersebut. Kedua opsi itu adalah mengembalikan uang kepada penumpang (refund) atau mengalihkan penerbangan ke maskapai lainnya.

Untuk penerbangan internasional, Mandala Tiger akan mengalihkan ke Tiger Air yang merupakan induk perusahaan. Sementara bagi penumpang domestik akan dilakukan proses refund sesuai metode pembayaran saat pembelian tiket. "Proses ini akan dilaksanakan selama satu bulan dan akan dimonitor oleh Kementerian Perhubungan,” ujar Israfulhayat dalam keterangan tertulisnya kepada KONTAN, Senin, (23/06).

Jika terdapat keluhan, masyarakat bisa menyampaikan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Jika terbukti bersalah, Kementerian Perhubungan akan memberikan peringatan atau teguran kepada pihak Mandala Tiger.

Saat ini Mandala Tiger hanya berhenti dalam hal operasional pelayanan jasa angkutan udara, izin operasinya akan dikaji ulang setelah tiga bulan sejak berhenti beroperasi. Terkait dengan izin rute, masih tetap berlaku selama 1 (satu) bulan sejak penutupan operasi dan dapat diperpanjang sampai dengan dua bulan.

Namun demikian, apabila sampai dengan dua bulan tidak ada permohonan untuk beroperasi kembali dari Mandala Tiger maka secara otomatis izin rutenya akan habis dan rute dimaksud akan ditawarkan kepada maskapai lain.

Rute penerbangan yang masih dilayani oleh  Mandala Airlines hingga Juni 2014 ada empat rute dalam negeri dan empat rute luar negeri. Rute tersebut yakni Jakarta – Pekanbaru; Jakarta – Singapura, Pekanbaru – Yogyakarta, Denpasar – Singapura, Jakarta – Denpasar, Jakarta – Bangkok, Yogyakarta – Palembang, Denpasar – Hongkong. Mandala Tiger Air mempunyai sembilan unit pesawat dengan tipe A320.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×