kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua produk SCG dijual online via Blibli.com


Kamis, 09 Maret 2017 / 20:15 WIB
Dua produk SCG dijual online via Blibli.com


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Produsen semen dan bahan bangunan PT Siam Cement Group (SCG) tahun 2017 ini semakin memperluas bisnisnya. Pasca meningkatkan kapasitas produksi, kini mereka ekspansi untuk pemasaran.

Pada tahun lalu, SCG telah mendirikan pabrik baru semen Jawa di Sukabumi, jawa Barat. Pada kuartal III-2016 tingkat penjualan pabrik semen Jawa SCG mencapai US$ 103 juta. Kini, SCG memperkuat segmen pemasaran melalui Channel Inovatif yang bekerjasama dengan blibli.com. Blibli.com adalah e-commerce yang memiliki konsep belanja mal online.

Nantapong Chantrakul, Presiden Direktur SCG mengatakan memilih blibli.com dikarenakan mereka sebagai platform ecommerce terbesar di Indonesia. "Saya percaya bahwa SCG dapat menggunakan Blibli.com sebagai platform ecommerce yang dapat memberikan pelayanan optimal bagi konsumen,” ujar Nantapong saat acara konferensi pers, Kamis (9/3)

Nantapong juga mengatakan jika pertumbuhan pasar SCG akan tumbuh lebih baik dari tahun lalu. Sayangnya, ia enggan membeberkan berapa nilai pertumbuhan pasar keseluruhan produk tahun lalu. “Kami mengekspektasikan jika pertumbuhan pasar tahun ini akan naik 2-3%. Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan platform digital untuk memasarkan produk,” kata Nantapong.

Selain itu, SCG juga menyisihkan 1% dari revenue (pendapatan) yang mereka dapatkan untuk riset dan pengembangan. “Hal tersebut kami lakukan agar kami dapat mengetahui berapa nilai dari produk dan bahkan jumlah produk yang harus dipasarkan ke konsumen,” kata Nantapong.

Untuk perkembangan bisnisnya, tahun ini SCG masih fokus mengembangkan dan mempelajari dunia digital. “Hal tersebut dilakukan agar supaya semakin bias memudahkan konsumen dengan hadirnya ecommerce ini,” kata Nantapong.

Nantinya akan ada dua tipe produk Jayamix by SCG yang akan hadir di blibli.com. Pertama, produk Jayamix Super Concrete (JSC) yang merupakan produk beton siap pakai inovatif.

Produk JSC ini, dalam setiap pengirimannya akan menggunakan dua truk, yaitu truk besar dengan kapasitas 7m3 dan Jayamixni yang merupakan truk lebih kecil dengan kapasitas 2 m3 yang dapat digunakan untuk melewati jalanan sempit.

Sementara, produk lainnya adalah beton instan. Beton instan merupakan material kering yang terdiri dari semen, pasir, batu split, serta bahan tambahan lainnya yang dicampur dan dikemas ke dalam sebuah kantong. Beton instan didesain untuk area yang sulit dijangkau oleh truk molen. Produk ini dijual dalam bentuk kemasan kantong dengan berat 50kg / kantong.

Lay Ridwan, Head of Trade Partnership Blibli.com mengatakan jika sebelum pengiriman produk, tim dari Jayamix SCG akan melakukan survei ke lokasi proyek. “Hal tersebut untuk memastikan apakah lokasi proyek dapat dilalui oleh truk molen atau tidak. Waktu pengirimannya pun paling lama dua hari setelah kesepakatan bersama antara pembeli dengan Jayamix by SCG,” kata Lay Ridwan.

Lay Ridwan juga mengatakan jika Blibli.com belum menargetkan berapa jumlah produk dari Jayamix SCG yang akan dijualkan. “Jadi margin setiap transaksi itu berbeda-beda. Paling murah itu 3% sampai dengan 30%. Tergantung tipe produknya. Namun di luar ekspektasi kami, ternyata penjualannya sampai saat ini lumayan bagus tanpa kita lakukan promosi atau campaign,” kata Lay Ridwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×