kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung gelaran PON XX, Perindo suplai ikan untuk para atlet di Papua


Selasa, 12 Oktober 2021 / 16:37 WIB
Dukung gelaran PON XX, Perindo suplai ikan untuk para atlet di Papua
ILUSTRASI. Produk perikanan dari PT Perikanan Indonesia (Persero)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perikanan Indonesia (Persero) memastikan suplai protein yang cukup untuk para atlet yang sedang bertanding dan berjuang di laga Pekan Olahraga Nasional ke-20 atau PON XX Papua 2021.

PON Papua dilaksanakan di empat wilayah yakni di Kota Jayapura, Kapupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Oleh karena itu, Perikanan Indonesia (Perindo) unit Merauke turut berkontribusi untuk lancarnya pekan olahraga dua tahunan ini.

Direktur Utama Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan PT Perindo selaku badan usaha milik negara mendukung penuh suksesnya event olahraga PON XX di Provinsi Papua. Dukungan yang diberikan yaitu turut menyuplai berbagai jenis ikan sebagai sumber protein.

“Kami menyuplai 100 kilogram-150 kilogram ikan per hari selama PON XX berlangsung dari 2 Oktober hingga PON XX berakhir pada 15 Oktober 2021,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (11/10).

Baca Juga: Protokol kesehatan dan sistem buble wajib diterapkan di ajang PON 2021

Adapun ikan yang dikirim ke bagian sub konsumsi PON XX adalah ikan segar meliputi ikan gabus, ikan kipas dan ikan kerapu. Ketiga jenis ikan tersebut merupakan ikan hasil tangkapan nelayan di perairan Merauke. Nelayan tersebut adalah mitra Perindo yang ikannya selalu diserap oleh BUMN di bidang perikanan ini.

“Ikan ini berasal dari nelayan di ujung timur Indonesia untuk para atlet kebanggaan tanah air,” ungkap Fatah.

Fatah menjelaskan, ikan tangkapan nelayan ini dibersihkan dulu di tempat pengelolaan ikan oleh Perindo. Ikan tersebut dipotong, dibersihkan tulangnya, dibersihkan kulit ikannya dan dikirim ke sub konsumsi PON XX dalam keadaan sudah di fillet dan dikemas secara higienis.

Perindo juga tidak sembarang menyuplai ikan untuk event PON. Ikan yang dikirimkan telah diambil sampel-nya dan diuji kadar proteinnya apakah layak konsumsi atau tidak.

Direktur Operasional PT Perikanan Indonesia (Persero) Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan ikan gabus merupakan ikan komoditi asli Merauke. Dia berharap ikan gabus ini dapat diolah sedemikian rupa untuk menyuplai protein para atlet. Apalagi, ikan gabus kaya akan zat albumin yang bermanfaat untuk mengobati luka, memulihkan cedera dan mencegah peradangan.

Selain itu, dia menginginkan hasil olahan dan masakan dari ikan-ikan hasil tangkapan dan budidaya para nelayan langsung ini dapat menyemarakkan momentum PON XX di tanah Papua.

“Perindo terus berkomitmen menjadi off taker hasil tangkapan nelayan, untuk kemudian diolah atau didistribusikan ke konsumen, salah satunya untuk para atlet PON di Papua,” pungkasnya.

Baca Juga: Seluruh pihak yang terlibat dalam PON XX wajib karantina saat kembali ke daerah

PON XX Papua diikuti oleh 34 kontingen dengan jumlah atlet mencapai 7.039 atlet. PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan serta memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

Gelaran PON XX diharapkan memberikan kontribusi kepada nelayan, petani, pedagang, hingga pengusaha untuk mengerek perekonomian tanah Papua. Dalam keterangan resminya, Koordinator Sub Bidang Konsumsi PON XX Usep Warman mengupayakan PON XX harus memprioritaskan pangan lokal. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan petani, nelayan dan pedagang.

Adapun Sub Konsumsi PON XX menggandeng Himpunan Peternak Ayam Ras Meraukue, Perikanan Indonesia sebagai mitra nelayan, petani dan rumah potong hewan (RPH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×