kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Dukung Smart City, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo Gandeng XL Axiata


Kamis, 20 Oktober 2022 / 09:03 WIB
Dukung Smart City, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo Gandeng XL Axiata
ILUSTRASI. Pemeliharaan BTS; Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di atas tower yang berada di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Rabu (24/8/2022).KONTAN/Baihaki


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), anak usahai PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan XL Axiata berkolaborasi melakukan penelitian dan pengembangan 5G use case berbasis artificial intelligent (AI) dan internet of things (IoT). 

Melalui kerja sama guna mendukung Jakarta sebagai smart city ini, XL Axiata akan turut membantu program digitalisasi Pemprov DKI Jakarta di berbagai aspek yang lebih luas. Antara lain transportation management, waste management, hingga smart building. 

Salah satu proyek yang akan segera dibangun adalah solusi digital untuk License Plate Recognition (LPR) atau sarana pengenal nomor kendaraan bermotor. 

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, pihaknya berkomitmen terus mendukung program pemerintah dalam pemanfaatan teknologi dan digitalisasi di Indonesia. Suatu kesempatan besar bagi XL Axiata bisa ikut mendukung pembangunan Jakarta sebagai Smart City melalui beragam platform solusi digital tercanggih di jaringan 5G. 

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Percepat Integrasi dengan Link Net (LINK)

“Kerja sama ini sekaligus menjadi pembuktian bagi XL Axiata dalam hal kemampuan menghadirkan berbagai solusi digital, termasuk di jaringan 5G, untuk membantu penanganan berbagai kebutuhan pemerintah daerah, termasuk salah satunya menyangkut pengaturan kendaraan bermotor,” terang Gede, dalam rilis ke Kontan.co.id, Rabu (19/10).

LPR berfungsi untuk mengenali, mengidentifikasi, dan melacak objek, dalam hal ini plat nomor kendaraan yang bergerak dengan bantuan kamera pengintai (CCTV) di jalan. LPR ke depan juga diharapkan mampu mengidentifikasi jenis kendaraan dan umur kendaraan.

Direktur Utama PT Jakarta Infrastruktur Propertindo, Araf Anbiya mengatakan, XL Axiata merupakan mitra strategis dalam jangka panjang terkait penyediaan konektivitas 5G. Sekaligus mewujudkan transformasi digital di Jakarta maupun di Indonesia.

“Kami yakin, sinergi dan kolaborasi dengan mitra strategis, yang pada kesempatan ini diperkuat bersama XL Axiata, JIP sebagai perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi dapat turut mengakselerasi program digitalisasi kota yang sudah dicanangkan pemerintah, menuju Jakarta Smart City dengan memaksimalkan pelayanan publik yang lebih baik,” terang Araf. 

Program kerja sama dalam mendukung Jakarta sebagai Smart City ini akan dimulai pada pertengahan Oktober 2022 dan berlangsung selama dua tahun.

Baca Juga: Rampungkan Tender Offer, Grup Axiata Kini Kuasai 95,64% Saham Link Net (LINK)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×