kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,64   -18,87   -2.02%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung swasembada daging, Kemhub resmikan kapal ternak KM Camara Nusantara 2


Sabtu, 14 Juli 2018 / 21:30 WIB
Dukung swasembada daging, Kemhub resmikan kapal ternak KM Camara Nusantara 2


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut berkomitmen mendukung kebijakan nasional untuk swasembada daging sapi dan kerbau dengan menjamin kelancaran distribusi daging menggunakan moda transportasi laut salah satunya dengan membangun kapal ternak.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo Sabtu (14/7) meresmikan Kapal Ternak KM. Camara Nusantara 2 di Pelabuhan Tenau Kupang.

"Kapal ternak KM. Camara Nusantara 2 ini merupakan bagian dari program kewajiban pelayanan publik angkutan khusus ternak yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia," ujar Agus dalam keterangannya, Sabtu (14/7).

Hingga tahun 2018, Pemerintah telah selesai membangun enam unit kapal ternak. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menugaskan PT Pelni dan PT ASDP serta dua perusahaan swasta melalui mekanisme pelelangan umum untuk mengoperasikan keenam kapal tersebut.

Oleh karena itu, Kemhub mengharapkan pengangkutan hewan ternak hidup melalui kapal dapat menerapkan konsep animal welfare atau kesejahteraan hewani.

Agus menyebutkan bahwa hal yang membanggakan bagi warga provinsi NTT adalah tiga dari enam unit kapal ternak tersebut dioperasikan dengan pangkalan pemuatan di Pelabuhan Tenau Kupang. Salah satunya adalah KM. Camara Nusantara 2 yang dioperasikan oleh ASDP.

Sesuai dengan rencana trayek, KM. Camara Nusantara 2 ini nantinya akan beroperasi pada trayek Kupang – Wini – Atapupu – Jakarta – Kupang dengan lama pelayaran dalam 1 round voyage sekitar 14 hari.

"Saya berharap para peternak sapi dan kerbau di NTT agar dapat memanfaatkan keberadaan kapal ini untuk meningkatkan kinerja produksi dan pengiriman hewan ternak lokal NTT," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×