kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi lebih stabil, Hankook Tire Indonesia bidik penjualan tumbuh 10% tahun depan


Selasa, 17 Desember 2019 / 18:14 WIB
Ekonomi lebih stabil, Hankook Tire Indonesia bidik penjualan tumbuh 10% tahun depan
ILUSTRASI. PT Hankook Tire Indonesia targetkan penjualan domestik tumbuh 10% year on year (yoy) di 2020


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen ban PT Hankook Tire Indonesia targetkan penjualan domestik tumbuh 10% year on year (yoy) di 2020. 

National Sales Manager, Apriyanto Yuwono mengungkapkan di akhir tahun ini Hankook  memproyeksikan penjualan domestik sebesar 10% dibandingkan tahun lalu yang baru mencapai 8%. 

Baca Juga: Hankook Indonesia menargetkan porsi pasar lokal mencapai 11%

"Pertumbuhan ini ditopang oleh varian ban terbaru yang telah diluncurkan awal tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif khususnya segmen multipurpose vehicle (MOV) dan sport utility vehicle (SUV)," jelasnya saat ditemui Kontan.co.id di Jakarta, Selasa (17/12). 

Kendati telah merilis varian ban baru, Apriyanto menyatakan  permintaan (demand) ban di tahun ini terjadi penurunan. Sentimennya tidak jauh-jauh dari perang dagang Amerika dan China yang sempat memanas di pertengahan 2019 kemarin.  

Selain itu, tahun ini Hankook Indonesia juga telah melakukan upaya memperdalam pasar dengan mendistribusikan produknya di Indonesia lewat PT Hankook Tire Sales Indonesia sebagai sister company

Baca Juga: Hankook menunda pembangunan pabrik ketiga di Cikarang

Di tahun depan, Hankook memproyeksikan penjualan bisa tumbuh 10% karena ditopang ekonomi yang stabil. Adapun sejumlah strategi yang telah disiapkan Hankook untuk menyongsong target penjualan di tahun depan. 

"Memang strategi tidak akan jauh beda dengan tahun ini, tapi di tahun depan Hankook akan fokus mengembangkan jaringan ritel yang sudah ada," ujarnya. 

Apriyanto menjelaskan lebih lanjut, hingga saat ini kurang lebih sudah ada  22 distributor di seluruh Indonesia. Bahkan sampai di Papua, Ternate, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Baca Juga: Hankook Tire Sales Indonesia akan mengerek pangsa pasar lokal menjadi 10%

Selain itu, Hankook juga sudah menjalin kemitraan dengan Go Fleet, layanan hasil patungan PT Astra International Tbk dengan Gojek Indonesia. Dalam kerjasama ini, Hankook sebagai pemasok resmi untuk armada Go-Fleet. Kesepakatan ini resmi terjalin di bulan lalu. 

"Kalau kerjasama ini Hankook hanya memasok sesuai dengan permintaan dari Astra saja jadi tidak ada target berapa banyak ban yang akan di-supply," ujarnya. 

Nah, di 2020 nanti Apriyanto mengungkapkan sudah menjajaki kerjasama dengan Grab. Skema kerjasamanya juga hampir sama dengan Go-Fleet. 

Baca Juga: Hankook Indonesia melirik potensi pasar domestik

Apriyanto menjelaskan, driver akan direkomendasikan oleh Gojek dan Grab untuk mengganti ban ke toko rekanan Hankook untuk mendapat harga khusus.  Strategi lain untuk memperdalam pasar Indonesia adalah memasarkan ban berukuran 17 inci ke atas yang biasa digunakan untuk mobil sedan dan SUV. 

Di tahun depan, Apriyanto mengungkapkan komposisi penjualan ban bisa berubah. Dia bilang penjualan yang sebelumnya didominasi ukuran  14 inci - 15 inci, bisa disusul ukuran 17 inci. 

"Komposisi penjualan tahun depan bisa 35% dari ukuran ban 14 inci ke bawah, 35%  dari ukuran 15 inci - 16 inci, dan 30% ukuran 17 inci ke atas," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×