kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspansif, BP-AKR Targetkan Penambahan 15 Jaringan SPBU di 2023


Minggu, 12 Maret 2023 / 16:42 WIB
Ekspansif, BP-AKR Targetkan Penambahan 15 Jaringan SPBU di 2023
ILUSTRASI. SPBU BP-AKR


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Petroindo Raya (BP-AKR), perusahaan joint venture BP Global dengan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) akan melanjutkan ekspansi bisnisnya dengan menambah jaringan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ritelnya di tahun 2023.

BP-AKR menargetkan 14 sampai 15 jaringan SPBU di tahun ini yang direncanakan pengembangannya dengan dua skema bisnis yakni COCO (company owned company operated) dan DODO (dealer owned dealer operater).

"Untuk skema DODO kami cukup fleksibel bagi yang ingin bermitra dengan kami, tentunya keunggulannya dari sisi bahan bakarnya sifatnya konsinyasi, jadi tidak dibebankan ke mitra, sehingga untuk mitra yang ingin mengembangkan bisnisnya jauh lebih mudah," kata Vanda kepada Kontan saat ditemui di Jakarta kemarin, (12/3).

Lebih lanjut Vanda menjelaskan untuk membangun satu SPBU ritel setidaknya dapat menghabiskan dana investasi sekitar Rp 8 miliar hingga Rp 15 miliar. Namun hal ini juga tergantung dengan harga dan luas tanah serta fasilitas yang ingin dibangun.

Sejak pertama kali beroperasi di tahun 2018, jaringan SPBU BP-AKR hingga kini telah mencapai 36 SPBU yang berada di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur.

Baca Juga: AKR Corporindo Siapkan Capex Rp 250 Miliar Untuk Mencapai Target Laba Dobel Digit

"Dari jumlah SPBU kami saat ini, tahun 2023 kami menargetkan dapat memiliki dan mengelola 50 jaringan SPBU ritel," kata Vanda.

Direktur Marketing bp-AKR, Vanda Laura mengatakan saat ini pihaknya membuka peluang seluas-luasnya kepada semua kalangan yang ingin bekerja sama sebagai mitra bisnis dengan BP-AKR.

SPBU BP-AKR menyediakan jenis-jenis bahan bakar berkualitas untuk mendukung mobilitas para pengendara, mulai dari bp Ultimate yang saat ini masih tersedia di wilayah Jabodetabek, dan bahan bakar BP 95 tersedia untuk wilayah Jawa Timur). Sementara jenis bahan bakar lainnya untuk BP 92, BP 90, dan BP Diesel tersedia di seluruh jaringan SPBU bp.

Meski belum dapat menyampaikan secara rinci terkait dengan target penjualan tahun 2023, Vanda mengaku pihaknya terus menggenjot penjualan bahan bakarnya dengan memberikan promo-promo menarik.

"Kami menargetkan penjualan sebanyak-banyaknya, tahun lalu penjualan dari bp AKR sudah naik signifikan, karena adanya pelanggan baru dan tahun ini tentunya kami ingin naik lagi, saat kami ekspansi tentunya banyak pengguna-pengguna baru," kata Vanda.

Legenda Liverpool dan Liga Inggris Robbie Fowler berbincang dengan Direktur Marketing Castrol Indonesia Augustnine Adrianto dan Direktur Marketing bp-AKR Vanda Laura saat bp Castrol Dynamic Duo Premier League Trophy Tour di Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

Salah satu upaya yang dilakukan bp AKR adalah dengan menggaet para pecinta sepak bola di tanah air yang tertarik dengan Liga Inggris, di mana pengelola SPBU bp berkolaborasi dengan Castrol Indonesia menggelar program promo bertajuk “bp Castrol Dynamic Duo” melalui kerja sama dengan Premier League. Program Kolaborasi “bp Castrol Dynamic Duo” menghadirkan Premier League Trophy Tour Bersama Legenda Sepak Bola Inggris, Robbie Fowler.

 

Sebelumnya pada awal Januari 2022 lalu bp-AKR dan Castrol telah menandatangani perjanjian kemitraan dengan kompetisi sepak bola Liga Inggris. kolaborasi ini bertujuan untuk menggaet dan melibatkan penggemar dari seluruh dunia di pasar utama Castrol termasuk China, negara-negara ASEAN, Timur Tengah dan Eropa.

Kemitraan ini tentunya juga bertujuan untuk menunjukkan rangkaian produk dan servis dari BP-AKR dan Castrol kepada konsumen. bp dan Castrol berkomitmen untuk menghadirkan berbagai inisiatif baru yang menarik bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Kerja sama keduanya mengahadirkan Castrol di 15 jaringan SPBU bp-AKR di wialyah Jabodetabek dan juga Surabaya. Vanda menjelaskan produk unggulan terbarunya yakni bp Ultimate yang mengandung formula Teknologi ACTIVE yang lebih canggih, dirancang khusus untuk membantu menghilangkan dan sekaligus melindung mesin dari penumpukan kotoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×