kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.239   100,00   0,65%
  • IDX 7.892   62,47   0,80%
  • KOMPAS100 1.206   9,93   0,83%
  • LQ45 979   9,02   0,93%
  • ISSI 229   0,72   0,32%
  • IDX30 500   4,58   0,93%
  • IDXHIDIV20 602   5,24   0,88%
  • IDX80 137   1,11   0,82%
  • IDXV30 140   0,07   0,05%
  • IDXQ30 167   1,33   0,80%

Emiten Bioskop Meraup Berkah dari Libur Sekolah


Kamis, 18 Juli 2024 / 19:26 WIB
Emiten Bioskop Meraup Berkah dari Libur Sekolah
ILUSTRASI. Sejumlah emiten bioskop meraih keuntungan dari momen libur sekolah


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten bioskop memanfaatkan momentum libur sekolah untuk menggaet penonton menonton film di bioskop. Tak hanya film, pundi-pundi pendapatan emiten bioskop pun bisa mengalir dari lini bisnis makanan dan minuman yang disediakan.

Mengutip data dari sumber data Bicara Box Office menyebut bahwa hingga 14 Juli 2024, film Indonesia yang dirilis pada tahun 2024 telah mencapai 45,78 juta penonton, masih dalam jalur untuk mengalahkan rekor tahun 2022 sebelum kuartal ketiga berakhir.

Dus, penjualan tiket bioskop untuk semua film pada tahun kalender 2024 kini telah melampaui angka 71,9 juta, dengan pangsa film lokal mencapai 66%. Dengan data tersebut, Astrid optimistis kinerja emiten bioskop bakal meningkat.

Public Relations & Marketing PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) atau CGV Cinemas Cheny Aminda mengatakan, secara keseluruhan, penonton bioskop pada Juni hingga Juli ini cukup baik.

"Didukung oleh film-film lokal favorit, blockbuster hollywood maupun film Asia yang tayang di CGV," kata Cheny kepada Kontan, Kamis (18/7).

Baca Juga: CGV Cinemas (BLTZ) Genjot Ekspansi di Tengah Optimisme Kebangkitan Industri Bioskop

Cheny menuturkan, bioskop menjadi salah satu destinasi hiburan pada momen liburan sekolah kemarin, dengan deretan promo liburan CLBK (Cerianya Liburan Bersama Keluarga) di CGV yang juga kami hadirkan, mulai dari Family Treats (Buy3Get1 ticket), Holiday Gift Deals, Holiday App Mission dan lainnya.

Lebih lanjut, CGV Cinemas menilai bisnis bioskop yang dijalankan CGV Cinemas memiliki prospek yang cerah pada masa mendatang. Potensi bisnis bioskop pun masih sangat besar, mengingat Indonesia memiliki rasio layar bioskop terhadap jumlah penduduk yang sangat kecil.

Pada 2023 lalu, CGV Cinemas telah membuka 3 lokasi baru dengan total 14 layar. Adapun saat ini, CGV Cinemas hadir di 64 lokasi dengan 422 layar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, PT MD Pictures Tbk (FILM) optimistis kinerja akan meningkat pada semester II-2024 ditopang oleh film-film yang akan tayang. Chief Marketing Officer FILM Astrid Suryatenggara mengatakan MD Pictures sangat optimistis memasuki semester kedua.

"Pada semester I 2024 - FILM (MD Pictures) sudah berkontribusi lebih dari 11 juta tiket penonton (sekitar 24%). Bahkan mendekati 25%," kata Astrid kepada Kontan, Rabu (17/7).

Astrid menuturkan pada Agustus sampai Oktober akan ada tiga film yang segera rilis. "Jadi kami sangat optimistis untuk semester II-2024," sambungnya.

Sebagai informasi tambahan, FILM berhasil mencetak pertumbuhan laba bersih di kuartal I-2024. Padahal dari sisi top line, pendapatan FILM mengalami penurunan.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2024, FILM mencatatkan laba neto yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 4,59 miliar. Ini tumbuh 59,15% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari Rp 2,88 miliar.

 

Sejatinya pendapatan FILM menyusut 11,34% YoY menjadi Rp 54,22 miliar di kuartal I-2024. Pada periode yang sama di 2023, FILM masih mampu meraup pendapatan Rp 61,15 miliar.

Pendapatan itu tertekan oleh beban pokok penjualan yang mencapai Rp 25,28 miliar yang turun 6,51% YoY. FILM juga harus menanggung beban usaha yang naik 14,41% YoY menjadi Rp 32,86 miliar.

Alhasil secara operasional, FILM harus membukukan rugi usaha sebesar Rp 3,92 miliar di kuartal I-2024. Ini berbalik dari laba usaha senilai Rp 5,38 miliar pada kuartal I-2023.

Meski begitu kinerja keuangan FILM terdorong berkat penghasilan lain-lain. Posisi ini melesat 351,01% secara tahunan dari Rp 2,07 miliar di kuartal I-2023 menjadi Rp 9,37 miliar pada kuartal I-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×