kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir pastikan keamanan pasokan oksigen


Senin, 12 Juli 2021 / 06:30 WIB
Erick Thohir pastikan keamanan pasokan oksigen
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung kedatangan 6 ISO tank di Tanjung Priok demi memastikan keamanan pasokan oksigen pada Sabtu (10/7). Kedatangan 6 ISO Tank tersebut melengkapi 21 ISO tank yang juga telah didatangkan dari Morowali Sulawesi Utara (5/7) sebelumnya.

Dalam acara yang juga  dihadiri oleh Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono, serta Direktur Utama PT Pelindo II Arif Suhartono tersebut, Erick mengapresiasi dukungan BUMN, termasuk Pertamina bersama anak,  dalam percepatan penanganan pasokan oksigen.

“Kita memang tidak memproduksi oksigen untuk medical, tetapi fasilitas yang kita punya bisa di switch sebagian untuk medical. Ini yang saya tekankan kepada seluruh direksi BUMN bahwa kita harus menjadi service-oriented bukan birokrasi,” ujar Erick sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Kontan.co.id.

Baca Juga: Kemenkes berharap bulan depan Indonesia telah mampu produksi remdesivir

Seperti diketahui, dukungan pasokan oksigen untuk percepatan penanganan Covid-19 ini merupakan sinergi berbagai pihak, termasuk di antaranya Pertamina Grup yang melibatkan PT Patra Niaga dan anak usaha Subholding Gas, PT Gagas dalam pengelolaan trucking ISO Tank.

Bantuan ISO tanknya berasal dari PT Pertamina Gas (Pertagas), IMIP dan PT AICO, sementara pasokan oksigen diperoleh dari beberapa pihak seperti Samator dan LINDE serta dukungan penuh penerimaan ISO tank dari PT Pelindo II.

Ketua Komisi 6 DPR RI, Faisol Riza menyampaikan apresiasi kepada Menteri BUMN bersama jajaran BUMN yang telah menyediakan fasilitas armada ISO Tank untuk memastikan ketersediaan Oksigen terdistribusi dengan baik.

“Apresiasi kami kepada Kementerian dan jajaran BUMN atas dukungannya yang sangat besar. Jangan lelah Pak Erick dan BUMN. Kita sedang berperang dengan musuh yang tidak kelihatan tapi mematikan sehingga semua harus waspada,” ucap Faisol.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo II, Arif Suhartono menyampaikan bahwa Pelindo II sangat mendukung distribusi logistik kesehatan melalui wilayah Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo II.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Minggu (11/7): Tambah 36.197 kasus, taati protokol kesehatan

“Kami juga telah berkoordinasi dengan PT Pelindo I, III dan IV berkomitmen memastikan distribusi logistik secara optimal di seluruh wilayah Indonesia, khususnya untuk bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono memastikan, Pertamina senantiasa berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19, tidak terkecuali pada pemenuhan kebutuhan oksigen saat ini.

“Dari 27 ISO Tank yang dioperasikan Pertamina saat ini berkapasitas 540 ton oksigen, sehingga menyumbang 60% dari kapasitas yang sudah ada,” ungkap Mulyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×