Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Untuk mengimbangi tren konsumen seluler, PT Bakrie Telecom pemilik operator telekomunikasi Esia berniat mengalihkan pelanggannya dari penggunaan featurephone ke smartphone.
Untuk memfasilitasi pengalihan pelanggan seluler itu, Esia rajin meluncurkan produk smartphone android yang merupakan hasil kerjasama dengan produsen smartphone.
"Kami melihat adanya potensi yang besar di smartphone," kata Satyadev Sarvaiya, EVP Data Business and Devices Bakrie Telecom di Jakarta, Kamis (8/11).
Satyadev bilang, melalui smartphone android keempat yang dikeluarkan Esia hari ini, Ia ingin pelanggan Esia beralih ke smartphone, setidaknya 10%-20% dari total pelanggannya saat ini.
Satyadev menyatakan, saat ini pertumbuhan pelanggan data Esia mencatat kenaikan 30% di kuartal III 2012 dibandingkan kuartal sebelumnya. Apabila dibandingkan dengan kuartal III tahun 2011, pertumbuhan pelanggan smartphones Esia kuartal III 2012 melonjak 85%.
"Sekarang ini, pelanggan kami berjumlah 11,98 juta dan pelanggan data kita sebesar 474.000 pelanggan," imbuh Satyadev.
Untuk mewujudkan peralihan pangsa pasar ke smartphone tersebut, Esia memiliki strategi untuk bekerja sama dengan produsen-produsen smartphone android."Kita akan keluarkan produk android lagi tahun depan," tambah Satyadev.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News