kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Estimasi harga DME dari hilirisasi batubara berpotensi di bawah LPG


Rabu, 10 Maret 2021 / 08:10 WIB
Estimasi harga DME dari hilirisasi batubara berpotensi di bawah LPG


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dorong hilirisasi batubara menjadi produk Dimethyl Ether (DME), Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sebut pengaturan harga untuk komoditas tersebut masih masih dalam pembahasan. Rencananya, pemerintah akan menetapkan harga khusus untuk pasokan batubara yang akan dihilirisasi menjadi DME.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM, Sujatmiko mengungkapkan pengaturan ketentuan harga khusus batubara untuk pasokan hilirisasi batubara dimaksudkan untuk memberikan dukungan pelaksanaan hilirisasi sehingga layak ekonomis dengan tetap menjamin keberlangsungan usaha pertambangan batubaranya.

Dia juga menekankan kalau hilirisasi batubara cukup beragam jenisnya sehingga dari aspek ekonomi juga akan beragam.

Baca Juga: Sudah jadi kajian pakar ITB selama 20 tahun, kini hilirisasi batubara wajib jalan!

"Oleh karena itu, pengaturan harga khusus batubara untuk pasokan hilirisasi perlu diatur secara spesifik bergantung kepada jenis hilirisasi batubara yang akan dilaksanakan," kata Jatmiko saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (9/3).

Di mana dia menambahkan, biaya pokok produksi DME terdiri atas tiga komponen biaya, diantaranya biaya pasokan batubara, biaya pemerosesan (gasifikasi) dan biaya transportasi. "Masing-masing komponen biaya tersebut sedang dalam pembahasan," jelasnya.

Adapun tujuan utama substitusi LPG dengan DME adalah untuk mengurangi impor LPG yang cukup besar saat ini, menghemat devisa negara dan meningkatkan kemandirian energi.

"Akan fear sekiranya subsidi yang ada sekarang bisa dialihkan ke hilirisasi batubara. Syukur kalau bisa kita dorong (penggunaan) subsidi yang lebih kecil dari yang ada sekarang," ujarnya pada acara seminar daring dengan tema "Mengukur Nilai Keekonomian Hilirisasi Batubar" di Jakarta.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×