kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.705.000   1.000   0,06%
  • USD/IDR 16.290   30,00   0,18%
  • IDX 6.750   -53,40   -0,78%
  • KOMPAS100 997   -8,64   -0,86%
  • LQ45 770   -6,78   -0,87%
  • ISSI 211   -0,72   -0,34%
  • IDX30 399   -2,48   -0,62%
  • IDXHIDIV20 482   -1,69   -0,35%
  • IDX80 113   -1,02   -0,90%
  • IDXV30 119   -0,06   -0,05%
  • IDXQ30 131   -0,75   -0,57%

Fokus Rampungkan Merger Smartfren(FREN), XL Axiata(EXCL) Targetkan Pelanggan94,5 juta


Senin, 24 Februari 2025 / 14:55 WIB
Fokus Rampungkan Merger Smartfren(FREN), XL Axiata(EXCL) Targetkan Pelanggan94,5 juta
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) memberikan keterangan pers usai dilakukannya penandatangan kesepakatan merger antara XL Axiata dan Smartfren. 


Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT XL Axiata Tbk (EXCL) masih akan fokus merampungkan tahapan proses penggabungan atau merger dengan dengan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN).

Chief Corporate Affairs XL Axiata  Marwan O Baasir menyatakan, merger tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi kompetisi, sehingga pada akhirnya bisa meraih pencapaian kinerja perusahaan yang semakin baik.

Baca Juga: Kepemimpinan yang Kuat Juga Jadi Penentu Keberhasilan Merger EXCL, FREN dan Smartel

Adapun, pihaknya memproyeksikan jumlah pelanggan entitas merger (XLSmart) akan mencapai sekitar 94,5 juta pelanggan. Di mana, pada tahun lalu jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 58,8 juta pelanggan. 

“Saat ini kami masih fokus untuk menyelesaikan tahapan proses merger dengan Smartfren yang sedang dilakukan,” ungkap Marwan, kepada Kontan.co.id, pekan lalu. 

Marwan menuturkan, EXCL juga sudah menyiapkan sejumlah stategi untuk dapat menggaet dan meningkatkan jumlah pelanggan di tahun 2025.

Pertama, perusahaan berfokus pada upaya untuk melanjutkan peningkatan pengalaman pelanggan dengan memberikan pengalaman digital yang lebih baik.  

“Termasuk menyediakan berbagai penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan harga yang kompetitif dengan memanfaatkan digital analytics dan AI,” tuturnya.

Baca Juga: Sebelum Merger dengan FREN dan Smartel, EXCL Berencana Menebar Dividen

Selain itu, EXCL juga terus meningkatkan digitalisasi dan personalisasi melalui pemanfaatan owned-apps MyXL dan AxisNet, serta  melakukan peningkatkan kualitas jaringan yang semakin baik dan semakin luas.

EXCL berhasil meraih kinerja apik sepanjang 2024. Pendapatan, EBITDA, dan laba bersih EXCL meningkat hingga dua digit pada tahun lalu. 

Melansir laporan keuangan tahun buku 2024, laba bersih EXCL mencapai Rp 1,81 triliun. Ini meningkat 44,72% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari Rp 1,25 triliun di 2023. 

Dari sisi top line, pendapatan EXCL mencapai Rp 34,39 triliun atau tumbuh 7,41% YoY. Sebagai pembanding, EXCL membukukan pendapatan sebesar Rp 32,32 triliun pada 2023. 

“ Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis telah menjadi kunci keberhasilan kami. Keberhasilan kinerja sepanjang tahun 2024 tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi di setiap lini bisnis dengan cermat,” tandasnya.

Baca Juga: Sinergi Jadi Kunci Merger EXCL dan FREN, Simak Penjelasan Analis

Selanjutnya: Segera Cek! Promo Belanja di Naga Swalayan dengan Kartu BRI

Menarik Dibaca: Segera Cek! Promo Belanja di Naga Swalayan dengan Kartu BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×