Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Salah satu produsen ban otomotif Indonesia, PT Gajah Tunggal optimistis memperluas pangsa pasar ban. Setidaknya, perusahaan publik ini mematok pertumbuhan penjualan ban sebesar 20% tahun ini.
"Pertumbuhan 20% itu untuk pasar ban di pasar domestik," kata Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk di Jakarta, Senin (1/4). Target pertumbuhan pasar ini merupakan target untuk pasar ban sepeda motor dan juga mobil.
Tahun 2012 lalu, penjualan ban mobil Gajah Tunggal bermerek GT Radial terjual sebanyak 2 juta unit di pasar domestik. Sementara itu, untuk ban sepeda motor merek IRC terjual 20 juta unit.
Tahun ini, jelas Arijanto, GT Radial menargetkan penjualan sebanyak 2,5 juta -2,6 juta unit ban. Sedangkan untuk ban sepeda motor merek IRC ditargetkan terjual 26 juta unit.
Untuk memperkaya lini produknya, tahun 2013 ini, Gajah Tunggal akan mengeluarkan sembilan produk ban terbaru. "Di antaranya dua produk baru akan kami luncurkan bulan Juni," jelas Arijanto.
Guna meraup konsumen ban, Gajah Tunggal tahun ini gencar melakukan promosi dengan cara mensponsori perhelatan balap di dalam negeri. Agar bisa menjadi pendukung acara balap, perusahaan akan mengalokasikan dana sebesar Rp 15 miliar untuk promosi.
Dalam waktu dekat ini saja, Gajah Tunggal akan mensponsori penyelenggaraan tiga ajang balap. Tiga ajang itu adalah; GT Radial Savero Komodo Speed Offroad Championship 2013, IRC Motorcross International Championship, dan Powertrack Indonesian Grasstrack Championship 2013.
"(Dari Rp 15 miliar), kira-kira komposisinya 55% untuk balap roda empat dan 45% untuk balap roda dua," tambah Arijanto.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News