Reporter: Ratih Waseso | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya memulihkan ekonomi dan memperluas jangkauan pemasaran produk UKM, khususnya bagi para produsen produk lokal, Smesco Indonesia menjalin kerjasama dengan dengan PT Jaya Hotel Lestari atau Episode Hotel.
Direktur Bisnis SMESCO Indonesia Wientor Rah Mada mengatakan, Nota Kesepahaman tersebut bertujuan untuk mendorong, memajukan, dan memberikan kontribusi bagi pembentukan hubungan kemitraan saling menguntungkan dalam promosi dan pemanfaatan produk UKM untuk pemulihan ekonomi, khususnya pada bidang jasa perhotelan.
Dalam nota kesepahaman tersebut, kedua pihak bersepakat untuk mewujudkan SMESCO Indonesia sebagai satu-satunya lembaga resmi pemerintah, yang bertugas memasarkan produk UKM di Indonesia. SMESCO juga bertugas untuk melakukan quick out of the box business model shifting, yakni menjadikan momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi Covjd-19 sebagai pelatuk peningkatan penjualan produk UKM.
Baca Juga: Awas, Kenaikan Tiket Pesawat Bakal Berefek ke Bisnis Pariwisata
“MoU tersebut sekaligus menjadikan produk UKM origin Indonesia memiliki legal standing naik kelas, dimana produk UKM kini memiliki ruang pasar yang terdistribusi langsung pada jaringan hotel berbintang,” ujar Wientor dalam keterangan tertulis, Minggu (14/8).
Adapun kerjasama akan fokus pada bisnis berkelanjutan. Diantaranya adalah dengan mendorong pengembangan UKM melalui kegiatan pemetaan produk UKM yang berpotensi untuk dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan jasa perhotelan, maupun sinergi program dan pemanfaatan tanggung jawab sosial korporasi dalam pengembangan produk UKM.
Dimana melalui kerja sama tersebut jaringan Episode Hotel juga akan melakukan pengembangan jejaring pemasaran produk UKM yang telah memenuhi standardisasi, hingga memberikan fasilitasi difusi hasil usaha kecil dan menengah. Hal ini guna mendukung pemulihan ekonomi pada bidang jasa perhotelan.
Baca Juga: Jelang Tahun Pemilu, Sektor Perhotelan Mulai Ketiban Berkah
Kolaborasi Smesco dengan melibatkan jaringan Episode Hotel ini merupakan rangkaian program Konvoi Produk Nasional. Di mana Konvoi Produk Nasional merupakan kumpulan produk unggulan UKM seluruh Indonesia yang telah melalui serangkaian kurasi, untuk kemudian didistribusikan kepada pasar dan konsumen sebagai end user.
Staff Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto menyampaikan, pemasaran produk UMKM bukan hanya di ranah lokal, tapi juga bisa dilakukan melalui jaringan hotel yang ada di luar negeri.
“Dengan pemasaran ke jaringan hotel internasional maupun melalui e-commerce, saya yakin UMKM dapat didorong untuk masuk dalam global value chain (GVC)”, Kata Luhur.
Data Asian Development Bank (ADB) tahun 2021 sendiri menyebutkan partisipasi UKM dalam GVC baru 4,1%, sementara usaha besar 25,6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa UKM Indonesia masih memiliki potensi yang besar untuk masuk dalam GVC.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News