kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Garap fintech, Tokopedia buka akses modal kerja bagi UKM


Kamis, 07 November 2019 / 22:52 WIB

Garap fintech, Tokopedia buka akses modal kerja bagi UKM
ILUSTRASI. Media briefieng Tokopedia di Makassar, Sulawesi Selatan.

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR. Tokopedia saat ini tercatat memiliki lebih dari 6,6 juta seller yang tersebar di 96% kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Uniknya, sebanyak 94% merupakan penjual skala ultra mikro atau penjual dengan transaksi penjualannya di bawah Rp 100 juta setahun.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Lead Tokopedia menyatakan perusahaan terus menelurkan insiatif untuk memberikan solusi untuk membantu pengusaha ultra mikro tersebut berkembang. Salah satunya dengan Fintech dan pembayaran yang membantu akses permodalan bagi pelaku usaha mikro tersebut.

"Kami punya yang namanya Modal Toko, itu kami kerjasama dengan Modalku untuk memberikan pinjaman modal usaha sampai Rp 300 juta dengan cukup mudah," ujarnya di Makassar, Kamis (7/11).

Baca Juga: Ini alasan Tokopedia tak berpartisipasi di Harbolnas

Pasalnya, tantangan yang kerap dialami penjual skala mikro adalah akses terhadap permodalan yang minim. Dengan adanya catatan transaksi di Tokopedia bisa menjadi credit scoring yang lebih baik dan memudahkan pengajuan pinjaman usaha dari para penjual di Tokopedia.

"Ultra mikro yang di bawah Rp 100 juta (per tahun) di Tokopedia itu banyak. Dari kami banyak inisiatif-inisiatif bagaimana caranya pengusaha mikro ini bisa tumbuh berkembang termasuk dari sisi (pembiayaan) Fintech," lanjutnya.

Asal tahu saja, selain dari sisi pembiayaan pihaknya juga memberikan edukasi dan training kepada seller memakai platform jual beli online, pengembangan branding dan marketing produk. Selain itu juga mengadakan Makerfest untuk mendukung merk dan kreator lokal untuk bisa berkompetisi di skala nasional.

Baca Juga: Hampir dua bulan, realisasi pembayaran pajak via e-commerce mencapai Rp 68,35 miliar

Pada tahun lalu, penjual Tokopedia tercatat lebih dari 5 juta penjual dengan rata-rata penjualan setiap penjual mencapai Rp 48 juta per tahunnya. Saat ini terdapat lebih 6,6 juta penjual Tokopedia dengan 86,5% merupakan pebisnis baru.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×