kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda dan Lion yang paling siap hadapi Open Sky


Jumat, 11 Oktober 2013 / 14:14 WIB
Garuda dan Lion yang paling siap hadapi Open Sky
ILUSTRASI. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim membawa kabar baik bagi guru honorer. ANTARA FOTO/Galih Pradipta


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Menteri Perhubungan (Menhub), E.E. Mangindaan mengatakan, konektivitas ASEAN menjadi motor penggerak petumbuhan ekonomi Asia Pasifik. Namun begitu, ia mengakui perlu berhati-hati dengan kesepakatan liberalisasi penerbangan, Open Sky 2015.

“Kita Open Sky begini, kita bebas sama sekali. Hati-hati, kita cuma punya Garuda dan Lion yang kuat. Masuk Singapura, masuk apa semua, dia kasih harga rendah, kita bangkrut,” kata Mangindaan ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Sebagaimana diketahui, salah satu hasil forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang berlangsung di Bali baru-baru ini menyepakati konektivitas menjadi point penting pertumbuhan ekonomi.

Mangindaan menuturkan, liberalisasi transportasi di tingkat ASEAN yakni Open Sky 2015 sejalan dengan cita-cita APEC untuk meningkatkan konektivitas. “Konektivitas APEC akan menjadi mesin ekonomi dunia,” imbuhnya lagi.

Meskipun isu konektivitas menjadi penting untuk pertumbuhan ekonomi regional dan global, Mangindaan mengatakan perlu juga untuk melindungi kepentingan nasional. Oleh karena itu, aturan main dalam Open Sky 2015 yang disepakati, harus lebih mementingkan kepentingan nasional.

Ia mencontohkan, kesepakatan bilateral dengan Singapura. Saat ini Indonesia memiliki lima international airport, yakni Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makasar. Sementara Singapura hanya memiliki satu airport international.

“Ada aturannya, misal begini, kita dengan Singapura, kesepakatan 50:50. Singapura itu satu kota, dia minta 50:50, memang kita juga oke, 10 penerbangan tiap hari. Mereka dapat 10 penerbangan ke Indonesia, kita dapat 10 penerbangan ke Singapura. Bukan berarti karena kita punya 5 pintu, mereka dapat 50 penerbangan,” jelasnya. (Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×