kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Garuda Indonesia (GIAA) perkenalkan tujuh rute penerbangan baru


Kamis, 27 Februari 2020 / 19:39 WIB
Garuda Indonesia (GIAA) perkenalkan tujuh rute penerbangan baru
ILUSTRASI. Pesawat melintasi landasan pacu tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020).

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pede buka tujuh rute baru. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi makin anjloknya kinerja perseroan akibat penutupan beberapa rute penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyebutkan dampak virus Corona menyebabkan pihaknya harus menutup beberapa rute penerbangan. Adapun sejauh ini pihaknya telah menutup rute penerbangan ke China, Hong Kong, dan Singapura.

Baca Juga: Sudah melemah ke Rp 14.025, bagaimana arah rupiah besok?

"Untuk Hongkong kami tutup signifikan dari Hong Kong-Denpasar, sehingga saat ini hanya tersisa rute dari Jakarta dan Singapura dari 10 penerbangan sehari menjadi 3 per hari," ujarnya di Jakarta, Kamis (27/2).

Sedangkan, untuk rute Korea pihaknya masih mencoba mempertahankannya sampai dengan keputusan lebih lanjut. Menurutnya, sebagai BUMN dalam melakukan tindakan penutupan harus dapat restu dan perintah kementerian terkait karena akan bisa berimplikasi serius atas hubungan kerja sama antarnegara.

Ditambah, industri penerbangan kembali dihantam dengan kebijakan Arab Saudi menghentikan penerimaan jamaah umrah dan membatasi kunjungan ke Mesjid Nabawi. Untuk rute tersebut, Garuda memiliki 4 penerbangan ke Tanah Suci.

Baca Juga: Sudah melemah delapan hari, rupiah diprediksi kembali loyo di akhir pekan

Dengan penutupan rute-rute tersebut pihaknya mengaku mengalami penurunan load factor yang berimbas pada penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Ia mengaku telah mengantongi angka kerugian atas penutupan rute-rute tersebut, tetapi dirinya enggan membeberkannya dengan dalih sebagai tugas direksi untuk memperbaikinya bukan mengeluh atas kerugian yang diderita.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×