Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - BANTEN. Startup F&B multiplatform, Dailybox Group, optimistis menyambut tahun 2023 ini. Dailybox meyakini dapat kembali mencetak pertumbuhan positif pada tahun ini.
President Director Dailybox Group Kelvin Subowo menyatakan bahwa pihaknya punya target untuk dapat membukukan pertumbuhan pendapatan sekitar 30%-40% sampai tutup tahun nanti. Pertumbuhan tersebut setara supply sekitar 10 juta porsi untuk seluruh brand di Dailybox Group.
"Sebenarnya itu target moderat, tapi kami melihat lebih baik ada grow tapi memperhitungkan jangan sampai grow tapi profitnya ngak bagus. Jadi sekarang mindset kami itu lebih ke arah maintain," ungkap Kelvin dalam acara media gathering pada Senin (23/1) d Tangerang, Banten.
Baca Juga: Citilink dan Dailybox Group Menghadirkan Kreasi Menu Spesial Dalam Penerbangan
Dalam pemaparannya Dailybox Group berhasil mencapai pertumbuhan pendapatan hingga dua kali lipat pada tahun 2021. Central kitchen Dailybox tercatat menyajikan sekitar tujuh juta porsi makanan bagi pelanggan Indonesia di sepanjang tahun 2022.
Menurut Kelvin, keberhasilan Dailybox salah satunya didorong oleh strategi perusahaan dalam menyeimbangkan antara platform penjualan online dan offline. Strategi tersebut telah berubah dari tahun 2018 lalu atau ketika Dailybox lahir, di mana mereka hanya memberdayakan platform delivery online.
"Di 2021 kami lihat potensi dari platform offline akan tetap ada. Jadi of course online akan selalu naik, tapi offline itu tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia karena kita masih suka hangout," ujar Kelvin.
Untuk menghadapi tahun 2023, pihaknya juga berencana terus memperluas jaringan dengan membuka sekitar 40 outlet baru. Menurut Kelvin, untuk pembukaan satu outlet saja dibutuhkan sekitar 20 karyawan baru, sehingga pihaknya membutuhkan 800 orang untuk menyukseskan agenda ekspansinya tersebut.
Baca Juga: Ekspansi jaringan online dan offline, Dailybox Group akuisisi brand roti Breadlife
Dari sisi cakupan wilayah, Dailybox Group kini tengah fokus memperluas jaringan ke kota tier dua dan tiga.
Menurutnya, potensi pelanggan dari kota tier dua dan tier tiga juga cukup besar, maka dari itu pemerataan jaringan mesti dilakukan agar lebih banyak masyarakat bisa menikmati produk Dailybox Group.
Sekedar gambaran, hingga akhir 2022 Brand-brand Dailybox Group telah hadir di lebih dari 300 titik di seluruh Indonesia, dari Sumatera hingga Papua. Lebih dari 60% outlet hadir di kota tier dua dan tiga.
Memasuki tahun 2023, isu resesi pun kian santer. Kelvin menyampaikan bahwa prioritas perusahaan adalah untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggannya lewat program kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk dengan pelaku UMKM di industri makanan dan minuman.
"Tahun ini, Dailybox Group akan menjalin lebih banyak kemitraan dengan UMKM makanan minuman Indonesia. Sejauh ini, ada beberapa ibu-ibu pelaku UMKM makanan yang sudah kami bina di Bali dan Jawa. Sektor UMKM terbukti secara parsial mampu membuka lapangan kerja baru," jelasnya.
Baca Juga: Tahun Ini Dailybox Group Menargetkan Memiliki 250 Gerai di Seluruh Indonesia
Strategi pertumbuhan juga direalisasikan Dailybox lewat penambahan brand baru. Di tahun 2023 Dailybox Group menghadirkan brand Tiantea dan Ayam Amana.
Tiantea adalah brand minuman pertama Dailbox Group. Dalam bahasa Mandarin, Tian artinya setiap hari (daily).
Sedangkan Ayam Amana merupakan hasil kolaborasi dengan Anang, Ashanty dan Atta Halilintar. Brand ini menghadirkan olahan ayam goreng kekinian dipadu dengan sambal tradisional.
Selain itu, ada selai cokelat Lu’miere Choco Bomb yang terinspirasi dari salah satu produk best seller di Lu’miere dengan nama sama.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News