kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.927.000   10.000   0,52%
  • USD/IDR 16.295   -56,00   -0,34%
  • IDX 7.312   24,89   0,34%
  • KOMPAS100 1.036   -2,36   -0,23%
  • LQ45 785   -2,50   -0,32%
  • ISSI 243   1,24   0,51%
  • IDX30 407   -0,78   -0,19%
  • IDXHIDIV20 465   -1,41   -0,30%
  • IDX80 117   -0,14   -0,12%
  • IDXV30 118   -0,08   -0,07%
  • IDXQ30 129   -0,58   -0,45%

Genjot Penjualan, ATPM Gelar Program Sambut Lebaran


Senin, 02 Agustus 2010 / 07:40 WIB
Genjot Penjualan, ATPM Gelar Program Sambut Lebaran


Reporter: Gloria Haraito |



JAKARTA. Sebulan sebelum Idul Fitri, agen tunggal pemegang merek (ATPM) mulai gencar menggelar program menyambut Lebaran. Tengoklah PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang bekerja sama dengan Panin Bank dalam menggelar program Kredit Pintar. Hanya dengan down payment Rp 20 juta, maka pembeli sudah bisa memboyong pulang mobil. Sementara cicilan per bulannya hanya berkisar Rp 3 juta. Program ini akan berlanjut hingga akhir Agustus.

"Sebulan sebelum Lebaran permintaan mobil melonjak, program ini kami rancang untuk menarik minat pembeli," ujar Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur Penjualan Nasional dan Promosi NMI kepada KONTAN di sela acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, Minggu (1/8).

Menurut Teddy, NMI berhasil menggelar program ini karena industri keuangan sedang kekar. Bunga bersaing membuat bank menggenjot kredit pemilikan mobil. Bila pada bulan biasa rata-rata penjualan NMI berkisar 2.700 unit sampai 2.800 unit, dengan program ini Teddy berharap sepanjang bulan Agustus penjualan NMI akan tumbuh 20% sampai 30%. Pada saat mudik, NMI juga akan mengadakan beberapa layanan posko untuk para pelanggan.

Penawaran khusus juga dilakukan oleh PT BMW Indonesia. Sepanjang Juli hingga Agustus ini, BMW bekerja sama dengan BCA menawarkan kredit bebas bunga selama tiga tahun. Program ini juga memangkas down payment hingga nyaris 50%.

Ambil contoh BMW 320i Business yang dijual seharga Rp 573 juta. Sedianya mobil ini mesti dicicil dengan DP sekitar Rp 200 juta. "Namun menyambut Lebaran pembeli boleh membayar dengan DP Rp 90 juta saja," tutur Helena Abidin, Direktur Komunikasi Perusahaan BMW.

Helena mengatakan, BMW memang kerap menuai penjualan tertinggi saat sebulan sebelum Lebaran. Sepanjang semester I-2010 lalu, penjualan BMW mencapai 554 unit, atau sekitar 90 unit. "Berkaca pada tren-tren tahun sebelumnya, sebulan sebelum Lebaran penjualan kami tertinggi," ujar Helena.

PT Toyota Astra Motor (TAM) juga tak ketinggalan menyediakan program menyambut Lebaran. Bekerja sama dengan Sariwangi dan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), Kijang Innova mengadakan program mudik. Dalam program ini, TAM menyediakan pelanggan yang beruntung berupa 100 unit Kijang Innova, beserta sopir profesional, bensin gratis, dan tempat peristirahatan yang tersedia di sepanjang rute mudik.

Sekuruh Kijang Innova dalam program ini dilengkapi dengan global positioning system (GPS) sehingga keberadaan pemudik dapat terdeteksi dan memungkinkan sopir dan keluarga pemenang untuk saling mengetahui posisi masing-masing. "Mobil juga dilengkapi dengan alat pemadam api ringan, sound system, selimut, bantal, termos, dan teh SariWangi," tutur Widyawati, Kepala Divisi Pemasaran, Perencanaan, dan Relasi Pelanggan TAM. Pada beberapa mobil juga tersedia tempat duduk balita. Di sisi lain, Telkomsel menyediakan satu paket kartu perdana dan informasi mudik.

Widyawati mengatakan, selain bertujuan sosial, program ini memang ampuh mendongkrak penjualan. Saban bulan, penjualan TAM sudah lebih dari 20.000 unit. "Sebulan sebelum Lebaran penjualan bisa tumbuh 10% hingga 20%," tukas Widyawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×