Reporter: Lydia Tesaloni | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES) getol melakukan ekspansi ke wilayah baru. Untuk ekspansi ini, ACES telah menggelontorkan dana Rp 86,7 miliar pada paruh pertama tahun ini.
Sama halnya dengan mayoritas sektor lain, sejak awal tahun ACES tak ketinggalan terdampak lesunya daya beli masyarakat. Head of Corporate Communications & Sustainability ACES Melinda Pudjo menyebut pada dasarnya masalah ini menjadi tantangan umum industri ritel.
“Terutama segmen perlengkapan rumah tangga,” kata Melinda kepada Kontan, Jumat (7/8/2025).
Meski begitu, ACES masih bisa menumbuhkan penjualan bersih sebanyak 3,40% secara tahunan (YoY) pada semester I-2025 menjadi Rp 4,20 triliun. Melinda bilang kinerja ini sebenarnya boleh tercapai berkat toko-toko baru.
Baca Juga: Laba ACES Turun Hampir 20% di Semester I-2025, Meski Penjualan Naik Tipis
Memang, pada paruh pertama ACES sudah membuka 8 toko baru. Targetnya, perseroan bakal membuka 25–30 toko baru hingga akhir tahun nanti. Melalui toko-toko baru ini, harapannya ACES dapat mendorong kinerja semester II-2025 lebih baik.
Maklum, meski berhasil tumbuh, Melinda bilang penjualan bersih ACES belum optimal sehingga berdampak pada efisiensi operasional dalam jangka pendek. Dus, laba bersih ACES dalam periode ini tercatat turun 19.92% secara YoY menjadi Rp 289,42 miliar.
Nah, strategi ACES menggenjot kinerja di antaranya adalah dengan ekspansi ke wilayah baru. Khususnya di luar Pulau Jawa seperti Abepura, Sorong, Palu, Pematang Siantar, dan Kolaka.
“Ini menjadi bagian dari strategi perusahaan dalam memperluas jangkauan pasar dan memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat di berbagai daerah,” katanya.
Tak hanya itu, ACES turut mengoptimalkan strategi pemasaran dan promosi agar lebih terarah dan terukur serta mendorong efisiensi operasional demi meningkatkan profitabilitas hingga akhir tahun.
Kemudian, sejalan dengan makna brand AZKO, ACES juga bakal terus memperkuat kualitas dan kelengkapan koleksi produk melalui 52 home brands yang telah dikenal dan dipercaya pelanggan Indonesia, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, dan lainnya.
“Didukung strategi omnichannel melalui ruparupa, kami optimistis dapat menjaga momentum pertumbuhan dan memberikan kontribusi dalam memenuhi aspirasi hidup masyarakat Indonesia,” imbuh Melinda.
Baca Juga: Ekspansi Bisnis di Luar Pulau Jawa, Begini Rekomendasi Para Analis untuk Saham ACES
Hingga tengah tahun, ACES sudah merealisasikan belanja modal (capex) hingga Rp 86,7 miliar untuk membuka toko-toko baru, memperbarui konsep pada toko-toko yang sudah ada, menguatkan infrastruktur logistik, mengembangkan sistem teknologi informasi, serta optimalisasi layanan omnichannel.
Seluruh upaya tersebut pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat pengalaman berbelanja pelanggan, baik secara online maupun offline, sejalan dengan strategi pertumbuhan jangka panjang perusahaan.
Melinda memastikan angka ini sesuai dengan rencana perseroan untuk mencapai target akhir tahun, meski target yang dipasang tak muluk, yakni di kisaran mid-single digit untuk pertumbuhan penjualan.
Selanjutnya: Bea Cukai Serahkan 100 Lembar Pita Cukai kepada Pengusaha Miras NTT
Menarik Dibaca: 9 Rekomendasi Jus yang Bagus Diminum saat Diet untuk Menurunkan Berat Badan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News