CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Gojek kembali jadi 20 besar perusahaan yang mengubah dunia


Jumat, 23 Agustus 2019 / 07:10 WIB

Gojek kembali jadi 20 besar perusahaan yang mengubah dunia
ILUSTRASI. Logo baru Gojek


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gojek kembali masuk daftar tahunan perusahaan yang dinilai berhasil mengubah dunia versi majalah Fortune dalam kategori Fortune’s Change the World tahun 2019. Perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand terdepan di Asia Tenggara ini masuk daftar tersebut melalui inovasi GoPay yang dinilai telah mentransformasi percepatan inklusi finansial dan ekonomi digital di Indonesia.

Tahun ini, Gojek menempati peringkat ke-11 dari total 52 organisasi internasional. Sebelumnya, pada 2017, posisi Gojek ada di tingkat 17.

Pencapaian ini menjadikan Gojek bukan hanya sebagai satu-satunya perusahaan Asia Tenggara dalam daftar Fortune’s Change the World, tapi juga satu-satunya perusahaan Asia Tenggara yang berhasil masuk ke daftar yang diakui secara global tersebut untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Dompet elektronik asing menyerbu Tanah Air Dompet elektronik asing menyerbu Tanah Air

“Kami bangga dapat kembali menerima penghargaan atas perwujudan visi misi Gojek untuk memecahkan permasalahan sehari-hari dan memberdayakan banyak orang dengan menggunakan teknologi," ujar CEO Global dan Pendiri Gojek Nadiem Makarim dalam keterangan resmi, Kamis (22/8).

Dia juga berterima kasih atas dukungan dari seluruh mitra pengemudi, merchant, pelanggan, rekan bisnis,pemerintah, dan investor kami. Dukungan tersebut yang menjadi kunci keberhasilan Gojek dalam berevolusi menjadi sebuah ekosistem terintegrasi dengan tiga super app yang menggerakkan orang, barang, dan uang.

Penghargaan berskala global ini menyorot peranan GoPay sebagai platform pembayaran digital Gojek yang telah berhasil mendorong perekonomian digital Indonesia dengan memperluas akses finansial bagi jutaan masyarakat Indonesia yang 64% populasinya belum terjangkau produk perbankan (unbanked).

Baca Juga: Tutup pendanaan US$ 75 juta, East Ventures terus investasi ke startup Asia Tenggara Tutup pendanaan US$ 75 juta, East Ventures terus investasi ke startup Asia Tenggara

Dikutip dari keterangan resmi Fortune, Pada tahun 2018, total pembelian produk dan jasa yang menggunakan GoPay mencapai lebih dari US$ 6 miliar. Di samping itu, GoPay juga memberikan bantuan serta fasilitas pinjaman bagi sekitar 130.000 pengusaha mikro.

Nadiem menambahkan, di Gojek, segala sesuatu yang dilakukan adalah untuk mengatasi tantangan sehari-hari, guna meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi semua pihak di dalam ekosistem Gojek. "GoPay telah membuktikan bahwa #PastiAdaJalan untuk mengubah dunia menjadi
lebih baik,” imbuhnya.

CEO GoPay Aldi Haryopratomo juga mengungkapkan, strategi GoPay adalah untuk membangun suatu ekosistem bersama para mitra. "Kami percaya bahwa dengan merangkul lebih banyak lagi masyarakat ke dalam sistem keuangan formal, kami dapat tumbuh bersama dengan para mitra, seperti bank, restoran, ritel, dan banyak
lagi," jelasnya.

Baca Juga: Whatsapp Dekati Gojek dan Bank Mandiri Untuk Meluncurkan Mobile Payment Whatsapp Dekati Gojek dan Bank Mandiri Untuk Meluncurkan Mobile Payment

Asal tahu saja, penilaian Fortune atas penghargaan tersebut dilakukan bekerja sama dengan Shared Value Initiative, sebuah platform global untuk institusi yang mencari solusi bisnis atas tantangan-tantangan sosial yang ada di masyarakat, dan FSG, firma konsultasi nirlaba yang berfokus pada dampak sosial.

Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Fortune untuk penghargaan ini berlandaskan pada empat kriteria, yakni dampak sosial yang terukur, hasil bisnis, tingkat inovasi, dan integrasi perusahaan.


Reporter: Dityasa H Forddanta
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0024 || diagnostic_web = 0.1351

Close [X]
×