kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

GorryWell terus mengembangkan ekosistem wellness


Jumat, 12 Juli 2019 / 19:35 WIB

GorryWell terus mengembangkan ekosistem wellness

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Global Wellness Institute memperkirakan, potensi pasar wellness economy yang mencakup healthtech, fit-tech, dan makanan sehat mencapai US$ 4,2 triliun atau sekitar Rp 59 kuadriliun pada tahun 2017. Bahkan, diproyeksikan angka tersebut bisa tumbuh sekitar 6,4% per tahun. Tren wellness juga mulai marak di Indonesia.

Ceruk pasar wellness ini prospeknya sangat menjanjikan, terlebih populasi penduk Indonesia yang hampir 50% merupakan usia produktif dibawah 30 tahun, ditunjang daya beli semakin membaik dan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan. Nah, peluang ini yang coba ditangkap oleh William Susilo Yunior, Co-Founder & Chairman Gorry Holding untuk mengembangkan layanan pemeliharaan kesehatan berbasis teknologi.

Gorry Holding memiliki lini bisnis yang bergerak di bidang healthy food aggregator, yakni Gorry Gourmet dan employee wellness platform bernama Gorry Well. Employee wellness bertujuan memberikan pemahaman gizi dan pendampingan kesehatan lanjutan bagi orang dewasa. Program ini dijalankan dengan berbagai kegiatan, mulai dari health monitoring dan health tracking yang memanfaatkan aplikasi GorryWell, edukasi gizi dan penyediaan makanan dengan nutrisi seimbang dari Gorry Gourmet, hingga kegiatan olahraga yang dipandu instruktur ternama.

Dalam merintis usaha ini, Gorry Holding tidak main-main bahkan menggelontorkan dana investasi yang tidak sedikit. Sepanjang tahun ini saja, Gorry Holding mengalokasikan belanja modal senilai Rp 15 miliar hingga Rp 17 miliar untuk memoles platform GorryWell. "Ini adalah aplikasi layanan kesehatan yang menyediakan healthy food dan employee wellness program secara realtime. Gorry Well merupakan platform e-wellness yang member kemudahan orang untuk hidup sehat melalui serangkaian fitur menarik," katanya kepada KONTAN, baru-baru ini.

Demi menunjang kesinambungan ekspansi bisnis, William mengatakan, alokasi belanja modal untuk tahun depan akan dinaikan menjadi sekitar Rp 40 miliar. "Sebagian besar dana investasi untuk pengembangan teknologi dan sumber daya manusia. Sisanya untuk kegiatan marketing,” terangnya. Mengenai target bisnis tahun ini, GorryWell mengincar tambahan 100.000 pengguna dan 10 perusahaan baru. Di tahap awal, mereka menggandeng corporate HR departments perusahaan migas, perbankan dan BUMN. Saat ini, pengguna aplikasi gorrywell sebanyak 50.000 pengguna.

Sejatinya, Gorry Holding berupaya membangun ekositem wellness. Cuma, hal ini bukan perkara mudah karena menyangkut kondisi perusahaan dan kebiasaan masyarakat Indonesia terkait kebutuhan akan perawatan kesehatan tubuh. Dengan demikian, William menuturkan perlu edukasi kepada masyarakat juga perusahaan tentang pentingnya gaya hidup yang sehat.

Paradigmanya harus diubah dari pendekatan mengobati penyakit ke arah pencegahan penyakit, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan biaya pengobatan rumahsakit yang mahal bisa ditekan. Selanjutnya, dana-dana tersebut dialokasikan pada program yang sifatnya antisipatif seperti program perawatan kesehatan dan membeli polis asuransi. Di sisi lain, perusahaan yang bergerak di healthtech, insurtech dan fit-tech di Indonesia juga masih terbatas. Pasalnya, masih banyak yang beroperasi secara konvensional.

Atas dasar itu, Wiliam menuturkan, pihaknya tidak hanya membesarkan Gorry Holding secara bisnis tapi sekaligus membangun ekosistemnya tersebut seperti dengan perusahaan asurani, restoran, rumahsakit, klinik dan laboratorium kesehatan, dan lainnya. Kini, Gorry Holdings telah membangun sinergi dengan mitra strategis untuk mengembangkan ekosistem berkelanjutan yang bermanfaat bagi pengguna.

Misalnya kerjasama dengan Kementerian Kesehatan yang mendukung penuh upaya GorryWell dalam mempromosikan label makanan sehat untuk menu-menu di restoran. “Kami juga mitra dengan pihak F&B yang telah dikuratori menyediakan makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kepada pengguna GorryWell. GorryWell bekerja dengan laboratorium medis untuk membuat promosi khusus dan kegiatan co-branding,” sebutnya.

Kemudian, Gorry Holdings juga terus menjalin kemitraan dan kegiatan cobranding dengan jaringan rumahsakit untuk mempromosikan layanan mereka. Di sisi lain, perusahaan juga melakukan pendekatan terhadap perusahaan-perusahaan asuransi dengan mempromosikan layanan GorryWell kepada pemegang polis yang membutuhkan panduan nutrisi. “Kami juga akan menjalin kerjasama dengan pemain IoT global seperti Fitbit dan Samsung Health, sehingga memungkinkan GorryWell bisa memberikan rekomendasi dinamis kepada pengguna menggunakan perangkat mereka,” terangnya.

Banyak fitur

Fitur jurnal kesehatan GorryWell mencakup banyak hal yang bisa memantau kondisi kesehatan seseorang. Misalnya fitur makanan. Caranya, ambil foto makanan yang kita santap, maka akan ketahui jumlah kalorinya. Selanjutnya, akan dapatkan rekomendasi untuk olahraga yang sesuai agar kalori yang berlebihan bisa dibakar. Sementara fitur kualitas tidur berfungsi untuk melihat perkembangan dan mengoptimalkan kualitas tidur dengan mengisi jurnal kualitas tidur. Ada juga fitur olahraga yang akan memandu kita untuk mengetahui durasi dan kualitas olahraga yang bisa dilakukan setiap minggunya. Pun dengan fitur stamina & mood, GorryWell bisa mempermudah dan memantau tingkat stamina dan suasana hati setiap hari untuk memaksimalkan produktivitas.

Untuk sebagin individu yang kelebihan berat badan, fitur berat badan di aplikasi GorryWell juga dapat membantu untuk memantau perubahan berat dengan fitur weight history journal. Bahkan, catatan rekam medis juga bisa tersimpan dalam aplikasi yang dapat diunggah via ponsel. Hasil medical check-up ini untuk mendapatkan analisis data dan rekomendasi guna memperbaiki kondisi kesehatan yang diharapkan. Selain itu, terdapat fitur yang memuat survei kesehatan singkat secara rutin untuk melihat apakah kebiasaan sehari-hari yang telah dijalani sudah baik untuk kesehatan.

Wiliam menjelaskan, aplikasi GorryWell dibuat untuk membantu seseorang meningkatkan kondisi kesehatan tubuhnya dengan mengisi data ke dalam jurnal kesehatan secara interaktif. Setiap mengisi data kita akan mendapat saran dari ahli gizi tersertifikasi. Nah, semakin sering mengisi jurnal, maka semakin besar kesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik dari merchant partner Gorry Well. "Untuk tahap awal bagi masyarakat Indonesia adalah seberapa sering input data dulu, agar menjadi satu kebiasaan baik untuk mau rutin menjaga kesehatan tubuh dengan berolah raga dan menjaga pola makan, memperhatikan jumlah kalori," terangnya.

Gorry Holdings juga menawarkan program kesehatan karyawan melalui corporate HR, merupakan layanan penyediaan solusi vendor kesehatan menyeluruh melalui pemeriksaan kesehatan, pengiriman makanan dan pemantauan kesehatan berkelanjutan berbasis aplikasi. Dengan demikian, bisa dilakukan penilaian terhadap profil kesehatan karyawan dengan memasukan data-data hasil lab pemeriksaan, data biometrik dan kebiasaan sehari-hari mereka melalui aplikasi seluler GorryWell. 

Di samping itu, tersedia artikel tentang informasi kesehatan berdasarkan data yang dikumpulkan dan disediakan oleh para ahli untuk penggunaan organisasi dan individu secara teratur. Selanjutnya, rekomendasi kesehatan personal ini disampaikan melalui aplikasi seluler kepada karyawan. Setiap karyawan akan memiliki skor kesehatan secara real-time dan tujuan kesehatan untuk dipilih sebagai solusi dalam memperbaiki kualitas kesehatan. Yang pasti pihak perusahaan juga memiliki akses ke data kesehatan karyawan melalui dasbor yang disesuaikan. Solusi yang ditawarkan dari mulai seminar dan acara terkait kesehatan untuk karyawan dan rekomendasi makanan.

Pengguna juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter langganan melalui aplikasi ini. Cukup memberikan list yang sudah disediakan oleh GorryWell, seperti jenis makanan yang dimakan, olahraga yang harus dilakukan, dan yang lainnya kepada dokter. Lalu, dokter akan mengisi list tersebut, serta melakukan pemeriksaan terhadap aktivitas yang dilakukan melalui aplikasi. Kemudian, notifikasi akan masuk ke smartphone kamu secara otomatis.


Reporter: Dadan M. Ramdan
Editor: Dadan Ramdan

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×