kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi Android, Microsoft hadirkan Windows Phone 8


Kamis, 21 Juni 2012 / 09:18 WIB
Hadapi Android, Microsoft hadirkan Windows Phone 8
ILUSTRASI. Seorang wajib pajak melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.


Reporter: Asnil Bambani Amri, Reuters | Editor: Asnil Amri

SEATTLE. Perusahaan perangkat lunak. Microsoft Corp akhirnya memperkenalkan sistem operasi (OS) untuk ponsel pintar terbarunya, yaitu Windows Phone 8 di San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (20/6). Hadirnya Windows Phone 8 ini diharapkan bisa menghadapi dominasi produk Google Android dan Apple.

Joe Belfiore, Corporate Vice President Microsoft, mengatakan, Windows Phone 8 akan meluncur pada Oktober tahun 2012, namun kapan waktu pastinya. Windows Phone 8 ini dipersiapkan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak komputer Windows yang sudah ada.

Selain itu, Windows Phone 8 memiliki fitur perintah suara, panggilan video Skype, transaksi nirkabel Near Field Communication (NFC), dan peta Global Positioning System (GPS). Sementara, layanan peta digital Bing Maps yang dulu digunakan di Windows Phone 7 akan diganti dengan Nokia Maps.

Keputusan ini menunjukkan adanya hubungan mesra antara Microsoft dan Nokia, karena Nokia Maps akan tetap ada pada smartphone lain di luar Nokia yang mengadopsi Windows Phone 8. Microsoft menjanjikan Windows Phone 8 mendukung smartphone dengan hardware berspesifikasi tinggi.

Untuk OS Windows Phone 8 ini, Microsoft sudah menginvestasikan miliaran dolar. Maklum, perusahaan yang dulu fokus dalam memproduksi perangkat lunak ini ingin mencicipi gurihnya pasar ponsel. Saat ini, Microsoft hanyalah pemain kecil dalam industri ponsel dunia.

Riset dari Gartner menyebutkan, Microsoft hanya menguasai 2% pasar ponsel cerdas pada kuartal terakhir di seluruh dunia. Sementara, ponsel dengan sistem operasi Google Android memimpin pasar dengan penguasaan pangsa 56%, setelah itu disusul Apple dengan pangsa pasar 23%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×