kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi Mudik Lebaran 2024, Jasa Marga (JSMR) Siapkan 25 SPKLU di Rest Area


Kamis, 21 Maret 2024 / 13:59 WIB
Hadapi Mudik Lebaran 2024, Jasa Marga (JSMR) Siapkan 25 SPKLU di Rest Area
ILUSTRASI. Rest area Travoy?yang dioperasikan PT Jasamarga Related Business (JMRB)?pada ruas jalan tol.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) telah menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di 25 titik rest area jelang mudik 2024.

Pelayanan operasional ini ditambah seiring menghadapi periode arus mudik Lebaran 2024 yang jatuh pada 5 sampai 11 April 2024 dan periode arus balik pada 12 April sampai dengan 15 April 2024.

"Jasa Marga juga mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediakan 25 SPKLU di 25 titik rest area, bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 17 titik," papar Corporate Communication and Community Development Group Head JSMR, Lisye Octaviana, Kamis (21/3). 

Lebih lanjut Lisye menuturkan bahwa penambahan ini juga berdasarkan banyaknya pengguna mobil listrik yang sudah mulai percaya diri melakukan perjalanan jauh seperti mudik. 

Baca Juga: TPIA Gandeng Perusahaan Australia, Amankan Pasokan Garam untuk Pabrik Chlor-Alkali

Di sisi lain, pihaknya juga berusaha mengantisipasi kepadatan yang terjadi di rest area dengan rekayasa flow kendaraan di dalam rest area.

PT Jasamarga Related Business saat ini mengelola 59 rest area di berbagai titik. Di dalam rest area, pihaknya menyediakan SPBU modular di 14 lokasi rest area, menambah toilet fungsional sebanyak 599 bilik, menyediakan klinik kesehatan dengan kerjasama dengan Pertamina di rest area 725A tol Surabaya - Mojokerto.

Tak hanya itu saja, JSMR juga menyediakan klinik kesehatan di 792A dan B Jalan Tol Gempok Pasuruan dan 66A Jalan Tol Pandaan Malang. 

Lisye juga menjelaskan untuk peningkatan layanan lalu lintas lajur, JSMR menambah 41 unit kendaraan derek menjadi total 181 unit. Lalu pihaknya juga menambah sarana prasarana lalu lintas seperti penambahan 4.500 rubbercone menjadi total 23.239 buah dan penambahan rambu rekayasa lalu lintas.

"Sementara itu untuk peningkatan layanan di jalan tol, Jasa Marga menambah 651 petugas bantu transaksi termasuk di dalamnya personel pengarah lalu lintas serta penambahan 62 unit mobile reader menjadi total 536 unit," paparnya.

Baca Juga: Panca Budi Idaman (PBID) Incar Pertumbuhan Penjualan 10% Pada Tahun 2024

Jasa Marga juga memastikan kualitas infrastruktur jalan tol dalam kondisi prima dengan mengelola program preservasi secara berkala. Pihaknya memastikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap terjaga pada periode libur panjang. 

"Kami juga melakukan upgrade super app Jasa Marga Integrated Digitalmap (JID) yang digunakan sebagai decision support system. Kami menambah fitur baru dalam aplikasi Travoy yang semula info tarif tol menjadi fitur Travoy Journey yang menghadirkan informasi tarif tol, CCTV real time, info rest area hingga info lalu lintas terkini," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×