kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook Tire bagikan tips bagi truk dan bus yang melewati jalanan menantang


Minggu, 29 Agustus 2021 / 08:40 WIB
Hankook Tire bagikan tips bagi truk dan bus yang melewati jalanan menantang


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk dianggap memiliki ketahanan kaki-kaki yang sangat baik. Besarnya ukuran ban yang digunakan, jika dibandingkan kendaraan pribadi, terlihat memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Bahkan, dikarenakan ukuran ban kendaraan bus dan truk tersebut, jalanan yang bergelombang hingga berlubang tidak menjadi masalah sedikitpun.

Asumsi tersebut perlu ditelaah lebih lanjut. Ban pada truk dan bus, dibuat besar untuk menyesuaikan kapasitas dan dimensi besar kendaraan itu sendiri. Fungsi utamanya adalah untuk bisa menopang beban dan kendaraan untuk bermobilitas.

Meski demikian saat dibawa berkendara, bus atau truk tidak dapat secara bebas melewati jalanan berlubang dan bergelombang begitu saja, apalagi jika dibawa dengan muatan berlebih atau kecepatan tinggi, tanpa adanya persiapan dan perhitungan yang matang.

National Sales Manager Truck & Bus Radial Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengatakan, berkendara di jalanan bergelombang, berlubang, atau rusak memerlukan kehati-hatian ekstra. Tanpa kehati-hatian ekstra dapat membahayakan pengendara, muatan, bahkan kendaraan itu sendiri hingga pengendara lain.

Baca Juga: Menilik strategi produsen ban Hankook Tire mengembangkan bisnis di Indonesia

Jika terjadi benturan ban dengan permukaan jalan yang berlubang atau rusak hal ini akan berakibat pada pecahnya ban, kerusakan pada velg, hingga hancurnya komponen kaki-kaki kendaraan lainnya.

Menurut Ahmad, pengemudi bus dan truk jika tidak berhati-hati dan tetap memaksakan dengan gaya mengemudi layaknya di jalanan halus, dapat menghantam jalanan yang bergelombang dan berlubang yang dapat menyebabkan pecah ban hingga berakibat fatal seperti menyebabkan kecelakaan.

“Hal ini akan menjadi lebih buruk jika kendaraan sedang membawa muatan berlebih dengan tekanan angin yang kurang,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (28/9).

Di balik kemampuan mengemudi yang andal, pengendara juga membutuhkan ban yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan truk dan bus.

Hankook pun telah menyiapkan berbagai produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengendara atau fleet customer, di antaranya AH31 dan AH30 untuk jalanan regional dan on road. Sementara AM81 untuk jalanan mixed service dan on/off road serta DM04 untuk jalanan off road.

Produk-produk Hankook sebagian besar telah dilengkapi dengan teknologi dan desain terkini yang menghasilkan fitur keausan yang merata. Inovasi tersebut dapat menyesuaikan kondisi dan dinamika kendaraan serta kondisi jalanan terhadap ban, sehingga daya cengkram ban tetap optimal secara merata.

Cengkraman ban yang optimal adalah syarat utama bagi para pengemudi untuk bisa mengendalikan kendaraannya dengan baik, serta memaksimalkan durasi umur ban agar dapat bertahan lebih lama. Hasilnya, ban dapat dengan tangguh digunakan untuk mengawal kendaraan dalam melakukan perjalanan dengan berbagai kondisi.

“Selain kehati-hatian ekstra dalam mengemudi, pemilihan ban sesuai dengan kondisi jalan atau operasional fleet juga menjadi bagian penting. Hal ini dikarenakan setiap jenis ban dirancang untuk masing-masing operasional ataupun kondisi jalan tertentu,” terang Ahmad.

Selain berhati-hati ketika mengemudi dan menggunakan produk ban andalan yang sesuai seperti AH31, AH30, AM81, maupun DM04, penting untuk pengendara agar selalu melakukan pengecekan ban secara berkala, seperti misalnya memeriksa tekanan angin yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan beban muatan.

Baca Juga: Hankook Tire catatkan pertumbuhan laba signifikan pada kuartal II-2021

Tekanan angin yang sesuai dapat mendukung performa kendaraan serta menjaga keawetan ban dan komponen kaki-kaki. Tekanan angin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat berimbas pada kerusakan ban dan komponen kendaraan, hingga kecelakaan.

Yang terakhir adalah untuk selalu memeriksa kondisi ban sebelum menggunakan kendaraan. Tidak hanya tekanan angin, pastikan juga tinggi kembang ban masih layak digunakan dan tidak gundul.

Pastikan tidak ada batu-batu yang menancap di telapak ban ataupun di antara ban ganda. Segera melakukan perbaikan jika ditemukan paku atau objek tajam lainnya yang menusuk ban.

Hankook Tire Sales Indonesia melalui jaringan distributornya di seluruh Indonesia menyediakan tidak hanya produk-produk Hankook, melainkan juga jasa untuk membantu memaksimalkan pemakaian ban fleet.

“Dengan pemilihan ban yang sesuai dengan kondisi operasional, melakukan pengecekan ban sebelum melakukan perjalanan dan berhati-hati selama perjalan akan mengurangi risiko kerusakan ban, kendaraan maupun muatannya. Keselamatan dan kenyamanan pun akan didapatkan,” pungkas Ahmad.

Selanjutnya: Hankook Tire pasok ban untuk mobil listrik SUV pertama Volkswagen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×