kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga hahan baku etanol naik, Madusari Murni (MOLI) lakukan penyesuaian harga jual


Rabu, 12 Agustus 2020 / 17:01 WIB
Harga hahan baku etanol naik, Madusari Murni (MOLI) lakukan penyesuaian harga jual
ILUSTRASI. PT Madusari Murni Indah Tbk (MOLI) bakal menyesuaikan harga jual etanol sejalan dengan peningkatan harga bahan baku.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Madusari Murni Indah Tbk (MOLI) bakal menyesuaikan harga jual etanol sejalan dengan peningkatan harga bahan baku (molases) yang naik hingga 70% di semester II 2020. 

Adikin Basirun, Direktur Utama MOLI memperkirakan pada semester II 2020 harga bahan baku molase akan naik signfiikan.  "Ini anomali dan jarang sekali terjadi kenaikan sampai 60%-70% dari tahun lalu," jelas Adikin dalam paparan publik secara virtual, Rabu (12/8) 

Sebagai solusi, MOLI terpaksa menyesuaikan harga jual mengikuti harga bahan baku di semester II 2020. Meski tidak memerinci berapa kenaikan harganya, Adikin menyatakan kenaikan harga yang diterapkan tidak terlalu besar. 

"Hanya untuk melewati (pass through) kenaikan dari harga bahan baku saja," kata Adikin. 

Baca Juga: Permintaan etanol meningkat, Madusari Murni (MOLI) siapkan ekspansi

Meski ada kenaikan harga jual karena menyesuaikan harga bahan baku, Adikin tetap optimistis dapat meraih pertumbuhan penjualan dan laba di tahun ini. MOLI sudah menargetkan bisa meraih pertumbuhan penjualan 39% yoy dan laba 5% yoy. 

Adikin bilang, MOLI memiliki keunggulan sebagai pemain utama di industri etanol food grade di Indonesia. Keunggulan tersebut adalah konsistensi dari kualitas produk yang bermutu tinggi. Kemudian layanan distribusi dari anak usaha yang tepat waktu dan mengutamakan pelayanan terbaik. 

Di sisi lain, Adikin mengungkapkan, pangsa pasar dan kapasitas MOLI terbesar di Indonesia baik itu pangsa pasar secara domestik dan kapasitas produksinya. Adapun saat ini market share etanol MOLI kurang lebih antara 45%-46% di lokal. 

Baca Juga: Madusari Murni Indah (MOLI) targetkan pendapatan tumbuh 39% di tahun 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×