kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga melonjak, kinerja perusahaan batubara bisa terungkit penjualan spot


Sabtu, 09 Oktober 2021 / 17:03 WIB
Harga melonjak, kinerja perusahaan batubara bisa terungkit penjualan spot
ILUSTRASI. Harga melonjak, kinerja perusahaan batubara bisa terungkit penjualan spot


Reporter: Ika Puspitasari, Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Taipan batubara sedang mendapatkan berkah dari langit. Tiba-tiba harga batubara naik hingga US$ 240 per ton. Beberapa produsen yang memiliki porsi penjualan langsung (spot) lebih besar jelas menerima durian runtuh dari kenaikan harga tersebut.

Salah satu yang menangguk berkah dari lonjakan harga ini adalah PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP). Tak mau menyia-nyiakan peluang, MBAP juga tengah mengajukan permohonan revisi rencana kerja dan anggaran belanja (RKAB) ke Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) untuk mengungkit target produksi batubara tahun ini.

Permohonan tersebut dikabulkan pada 31 Agustus 2021 lalu, dari semula 3,5 juta ton menjadi 4 juta ton tahun 2021 ini. Sekretaris Perusahaan MBAP Chandra Lautan tidak mau menyebut data persis perbandingan komposisi penjualan spot dan kontrak.

Baca Juga: Usai menghijau selama sepekan, IHSG diramal kembali menguat di awal pekan depan

Tapi menurut estimasi kasar Chandra, komposisi penjualan secara spot dan skema kontrak jangka panjang kurang lebih berimbang. "Tidak persis 50%, sih, cuma kisaran," ujar Chandra saat dihubungi KONTAN, Jumat (8/10).

Meski begitu, volume penjualan batubara di pasar spot bisa jadi akan meningkat seiring naiknya rencana produksi batubara perusahaan tahun ini. "Dengan peningkatan kapasitas produksi, tentu saja akan ada peningkatan penjualan," terang Chandra.

Ia mengaku, pihaknya harus mempertimbangkan berbagai aspek untuk menentukan pembagian penjualan spot dan penjualan kontrak jangka panjang. Selain harga, aspek lainnya adalah hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan customer.

Baca Juga: Harga spot batubara tinggi, ADRO belum mengubah rencana komposisi penjualan




TERBARU

[X]
×