kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini penerapan SNI Pelumas, Pertamina sudah terapkan SNI semua produk


Selasa, 10 September 2019 / 17:17 WIB
Hari ini penerapan SNI Pelumas, Pertamina sudah terapkan SNI semua produk
Pertamina Lubricant sudah menerapkan SNI


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pertamina Lubricants mendukung penuh penerapan standardisasi produk dan penggunaan produk bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sebagai perusahaan yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, Pertamina Lubricants berkomitmen memberikan produk pelumas dengan kualitas terbaik untuk konsumen dan bisa bersaing di pasar domestik maupun global.

Baca Juga: Federal Oil sudah mendapat SNI sejak tahun 2017, Federal Oil: SNI lindungi produsen

Kementerian Perindustrian telah mengeluarkan aturan SNI Wajib Pelumas kendaraan bermotor yang berlaku efektif 10 September 2019. “Kami sudah menerapkan SNI di berbagai produk pelumas otomotif dan industri. Ini merupakan komitmen perusahaan untuk secara konsisten memberikan produk dengan kualitas terbaik untuk konsumen Indonesia dan juga memiliki competitive advantage ketika bersaing dipasar global.” ungkap Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants disela-sela Pameran Produk Industri Kimia Hilir 2019 di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia hari ini (10/9).

Kata dia, dengan semakin banyaknya pelumas bersertifikat SNI maka perlindungan konsumen semakin terjamin juga karena mutu pelumas yang beredar bias lebih terkontrol dan pelumas palsu atau pelumas berkualitas rendah bias semakin di tekan jumlahnya. "Selain itu control kualitas pelumas juga semakin baik juga sebagai jaminan bagi produsen untuk berinvestasi karena persaingan yang sehat," kata dia.

Pertamina Lubricants telah proaktif mensertifikasikan SNI pada produk pelumas unggulannya sejak tahun 2010 secara sukarela. Sampai pada tahun 2019, Pertamina Lubricants telah mendapatkan SPPT SNI wajib dan sukarela sebanyak lebih dari 192 produk pelumas baik pelumas otomotif dan industry dari seluruh pabrik di Indonesia yakni Production Unit Jakarta, Gresik dan Cilacap termasuk Fastron Series, Enduro Series, Meditran Series, Prima XP, Mesran Series dan ratusan produk pelumas industri.

Baca Juga: Hari ini pelumas tak ber-SNI akan ditarik dari pasar, PanaOil: Produk kami sudah SNI

Penerapan SNI Wajib memiliki tujuan sendiri bagi Pertamina Lubricants. Pertama, Pertamina Lubricants mengedepankan kepentingan konsumen dan masyarakat Indonesia dengan memastikan bahwa mutu dan kualitas pelumas Pertamina telah memenuhi Standar Nasional Indonesia dan diakui secara internasional.

Selain, SNI juga dapat meningkatkan daya saing lokal serta mematangkan strategi perusahaan dalam menghadapi MEA dan persaingan bisnis secara global, Penerapan SNI wajib ini juga akan mendorong Pertamina Lubricants untuk terus melakukan kontrol dan evaluasi kualitas produk dengan ketat untuk memberikan produk yang prima dan juga untuk melindungi konsumen dari produk pelumas tidak beridentitas ataupun palsu.

Konsumen merupakan bagian dari advocacy perusahaan yang telah memberikan konstribusi pertumbuhan luar biasa untuk industri pelumas, khususnya Pertamina Lubricants di Indonesia. Dengan adanya SNI, konsumen memiliki panduan dalam memilih produk ditengah banjirnya produk pelumas impor dan produk lokal. 

Pelumas Pertamina ditunjang dengan sumber daya baik human capital, technology, knowledge, financial, production facility dan R&D yang andal, produk Pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional baik berupa Approval dari badan-badan uji pelumas International seperti API, ACEA, JASO, dari Original Engine Manufacturer (OEM). 

Pertamina Lubricants juga merupakan technical partner pabrikan Super Car ternama Automobile Lamborghini. Selain itu, produk pelumas Pertamina seperti Fastron Synthetic Oil sudah bersertifikasi API SN dan ILSAC GF5 yang merupakan sertifikasi API SN (American Petroleum Institiute) terbaru untuk motor oils. Sertifikat GF-5 diberikan langsung oleh ILSAC, yakni International Lubrication Standard and Approval Committee yang merupakan gabungan para pabrikan mobil dunia. GF-5 mensyaratkan kemampuan-kemampuan atau aspek baru tentang performa pelumas yang sebelumnya tidak disyaratkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×