kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hartadinata Abadi tetap hati-hati ekspansi segmen ritel


Selasa, 31 Juli 2018 / 20:15 WIB
Hartadinata Abadi tetap hati-hati ekspansi segmen ritel
ILUSTRASI. Peluncuran koleksi perhiasan Hartadinata Abadi


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) mencatatkan pertumbuhan positif pada pendapatan di segmen penjualan perhiasan melalui toko atau gerai.

Di semester I-2018 penjualan perhiasan melalui gerai perusahaan naik 37% secara year on year dari Rp 117,8 miliar menjadi Rp 188,8 miliar. Jumlah itu juga meningkatkan kontribusi pendapatan melalui gerai terhadap total pendapatan dari yang sebelumnya tidak sampai 10% menjadi 12%.

Kendati pertumbuhan pendapatan perusahaan dari penjualan melalui gerai ciamik, HRTA nampaknya lebih berhati-hati dalam ekspansi toko yang menjual perhiasan ke end user.

“Penentuan lokasi tidak mudah, selain itu kecenderungan panen butuh waktu lebih lama,” kata Sekretaris Perusahaan HRTA M Ath Thoriq kepada Kontan.co.id pada Selasa (31/7).

Capaian HRTA melalui penjualan gerai disebut Thariq juga masih belum mencapai target. Memang jika dievaluasi secara kualitas, kinerja toko sudah dinilai positif.

Akan tetapi secara kuantitas, jumlah toko yang dimiliki HRTA dinilai masih kurang. Saat ini HRTA memiliki 26 gerai bernama ACC, 3 gerai Claudia, dan 2 gerai Celine.

Padahal, di awal tahun ini HRTA menargetkan untuk membuka 100 toko di tahun 2018. Agaknya rencana itu harus diundur mengingat sulitnya menentukan lokasi yang strategis juga karena perputaran di gerai ritel tidak langsung positif. “Kalau di toko kan resources itu duit mati dulu untuk beberapa lama,” jelas Thoriq.

Di sisi lain, permintaan perhiasan di grosir yang secara stabil meningkat membuat hasil produksi HRTA yang tersedia lebih banyak dialokasikan ke penjualan grosir. Bagi Thoriq karena permintaan perhiasan melalui grosir sudah stabil maka secara risiko bisnis lebih positif ketimbang penjualan perhiasan di toko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×