kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Honda Akan Membangun Pabrik Mobil Listrik di Kanada


Selasa, 30 April 2024 / 17:39 WIB
Honda Akan Membangun Pabrik Mobil Listrik di Kanada
ILUSTRASI. Pabrik mobil listrik Honda.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - KANADA. Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan rencananya membangun pabrik kendaraan listrik komprehensif di Kanada dengan investasi 15 miliar dollar Kanada (CAD) pada 30 April 2024. 

Investasi ini bertujuan untuk memperkuat sistem pasokan serta menunjang pengembangan kendaraan listrik Honda dalam rangka mengantisipasi peningkatan permintaan kendaraan listrik di Amerika Utara pada masa depan.

Investasi ini melibatkan kemitraan dengan POSCO Future M Co., Ltd. yang memproduksi bahan katoda untuk baterai kendaraan listrik. Bahan katoda adalah salah satu bahan utama baterai yang merupakan komponen utama kendaraan listrik. Pengadaan bahan katoda berkualitas tinggi yang stabil akan memperkuat struktur bisnis kedua perusahaan di masa depan.

Baca Juga: Honda Resmikan Honda Union Auto, Mudahkan Pelanggan Cari Mobil Bekas Berkualitas

Selain berkolaborasi dengan POSCO, Honda juga menjalin kemitraan dengan Asahi Kasei Corporation yang menghasilkan komponen penting dalam baterai ion-litium dinamakan separator baterai.

Komponen ini berbentuk membran berpori yang berfungsi untuk mencegah konsleting listrik dengan mengisolasi kontak antara bahan katoda dan anoda sehingga memungkinkan transmisi ion lithium.

Pabrik ini akan mulai memproduksi kendaraan listrik pada tahun 2028 dengan kapasitas produksi sebanyak 240.000 unit per tahun dan pabrik baterai EV akan memiliki kapasitas sebanyak 36 GWh per tahun. 

Untuk mendukung capaian tersebut, Honda akan mempekerjakan sebanyak 4.200 karyawan di dua fasilitas manufaktur yang berada di Ontario. Ke depannya Honda akan menambah setidaknya 1.000 rekan baru untuk fasilitas manufaktur dan baterai kendaraan listrik. Investasi dalam fasilitas baru ini juga akan menciptakan banyak lapangan kerja turunan di semua lokasi, termasuk di sektor konstruksi.

Baca Juga: Honda Resmikan Fasilitas Bodi dan Cat Honda Kusuma, Lengkapi Purna Jual di Semarang

Toshihiro Mibe, President dan CEO Global Honda Motor Co., Ltd mengatakan, Honda telah mencatat kemajuan signifikan dalam upaya global perusahaan untuk mencapai tujuan netralitas karbon tahun 2050.

Di Amerika Utara, setelah berhasil menginisiasi langkah-langkah untuk menetapkan kemampuan sistem produksi kendaraan listrik (EV) kami di Amerika Serikat, Honda kini akan menginisiasi pembicaraan formal untuk membentuk sebuah rangkaian nilai yang komprehensif di Kanada. Langkah ini didukung penuh oleh pemerintah Kanada. 

"Kami berkomitmen untuk memperkuat infrastruktur pasokan dan kemampuan kami dalam menghadapi peningkatan permintaan kendaraan listrik di kawasan Amerika Utara pada masa mendatang," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (30/4).

Jean Marc Leclerc, President dan CEO Honda Canada Inc. mengatakan, Honda of Canada Manufacturing merupakan salah satu fasilitas manufaktur otomotif terkemuka di dunia.

Selama hampir empat puluh tahun, dedikasi, inovasi, dan semangat tak kenal lelah telah menjadi pendorong utama evolusi karya Honda. Pengumuman ini menandai sebuah investasi bersejarah dari produsen dalam industri otomotif Kanada. 

Baca Juga: Cek Motor Honda BeAT Injeksi Lawas dari Rp 10 Jutaan Saja Pasca Lebaran

"Kami dengan bangga menghargai kontribusi rekan-rekan kami yang sangat terampil, yang telah memperoleh reputasi global untuk keunggulan dalam manufaktur, dan hal ini mencerminkan pengakuan Honda terhadap potensi jangka panjang dari ekosistem manufaktur kendaraan listrik di Kanada.

Honda berusaha untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada 2050. Honda telah menetapkan tujuan untuk membuat BEV dan FCEV mewakili 100% penjualan kendaraan pada tahun 2040. 

Untuk mencapai tujuan ini, Honda akan terus menawarkan produk-produk menarik dalam era elektrifikasi ini secara global, termasuk di pasar terbesarnya di Amerika Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×