kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Humpuss Maritim (HUMI) Prioritaskan Pengembangan SDM Sebagai Fondasi Keberlanjutan


Jumat, 17 Mei 2024 / 13:50 WIB
Humpuss Maritim (HUMI) Prioritaskan Pengembangan SDM Sebagai Fondasi Keberlanjutan
ILUSTRASI. Kontan - Humpuss Intermoda Transportasi Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen kunci yang tidak hanya berperan penting dalam operasional, tetapi juga dalam mewujudkan visi misi perusahaan. PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) mencermati hal tersebut dengan mendesain pengelolaan SDM yang memberdayakan karyawan menghadapi tantangan bisnis serta tuntutan industri pelayaran yang kompetitif.

Pada tahun 2023, HUMI yang bergerak di sektor transportasi energi dan jasa maritim terintegrasi melakukan Penawaran Umum Perdana Saham. Menyandang status sebagai perusahaan terbuka menuntut HUMI melakukan adaptasi dan penyelarasan berbagai rantai nilai bisnis, khususnya pada SDM yang menopang bisnis berkelanjutan.

“Saat ini, kami melakukan penguatan fondasi melalui pengembangan SDM dalam rangka mengadaptasi status dari perusahaan tertutup menjadi perusahaan terbuka. Pengelolaan SDM di HUMI didesain agar karyawan siap menghadapi tantangan bisnis serta memenuhi tuntutan industri pelayaran yang kompetitif,” tutur Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat.

HUMI melakukan pengembangan kompetensi SDM dengan pendekatan kebutuhan individu. Kebutuhan pelatihan diidentifikasi berdasarkan pendidikan, pengetahuan, keterampilan, perilaku dan  pengalaman sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab pekerjaan karyawan. Adapun dalam memberikan pengembangan kompetensi, perseroan juga menghargai keberagaman karyawan dalam hal latar belakang, usia, gender, serta karakteristik lainnya.

Keterwakilan perempuan

Keberagaman tersebut misalnya tampak pada peningkatan jumlah karyawan perempuan. Pada tahun 2023, jumlah karyawan darat perempuan naik 7,41% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah awak kapal perempuan pada tahun 2023 mencapai 40 awak kapal perempuan. Jumlahnya naik cukup signifikan dibandingkan tahun 2022 dengan 6 awak kapal perempuan.

Nature of business HUMI didominasi kaum laki-laki di atas kapal, namun tidak menutup kesempatan kaum perempuan untuk menjalankannya. Seperti pengalaman Jean, 2nd officer yang telah bekerja di atas kapal LNG yang dioperasikan HUMI selama tujuh tahun. Pekerjaan sebagai awak kapal yang membutuhkan kemampuan fisik serta mental dirasakan sebagai tantangan oleh Jean, namun itulah yang memotivasinya terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan.

“Dari pengalaman selama di kapal, saya tidak pernah mengalami diskriminasi. Jika kita memiliki motivasi dan perspektif serta perlindungan diri kuat saya pikir akan jauh dari diskriminasi di atas kapal,” ungkap Jean.

Kesetaraan gender yang diterapkan perseroan membuka peluang sama bagi karyawan perempuan dan laki-laki untuk berkompetisi mengembangkan karier dan kompetensi. Pada tahun 2023, sebanyak empat perempuan karyawan darat menempati posisi manajerial, level tertinggi di HUMI. Keempat karyawan perempuan tersebut antara lain menjabat sebagai Corporate Secretary, serta posisi manajerial di bidang Commercial, Finance, dan Accounting & Tax.

“Keterwakilan perempuan di tingkat manajerial tidak hanya memperkaya perspektif dalam pengambilan keputusan, tetapi juga terbukti meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Kehadiran perempuan dalam posisi kepemimpinan juga membantu menciptakan lingkungan kerja yang berbeda dan unik hingga meningkatkan retensi karyawan. Oleh karena itu, mendorong keterwakilan perempuan di tingkat manajerial bukan hanya masalah kesetaraan gender, namun juga bagian dari strategi bisnis",” ujar Okty Saptarini, Corporate Secretary HUMI, mewakili perempuan di tingkat manajerial.

HUMI juga menyediakan pelatihan khusus dalam pengembangan kepemimpinan bagi karyawan perempuan, termasuk keterampilan komunikasi, manajemen waktu, dan pengambilan keputusan. Hal ini membantu mempersiapkan karyawan perempuan untuk mengambil peran kepemimpinan di HUMI dan entitas anak. Selain itu, perseroan melibatkan karyawan perempuan manajerial dalam kegiatan di asosiasi profesional dan industri sehingga karyawan perempuan dapat saling bertukar pengalaman, dan membangun koneksi yang bermanfaat untuk pengembangan karier mereka.

Pengembangan keterampilan kepemimpinan

Di lingkup internal, HUMI memiliki sejumlah program unggulan pengembangan kompetensi SDM seperti Super Leader dan Super Team. Kedua program yang berlangsung selama dua hari di setiap sesinya. Dirancang untuk membantu karyawan darat dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang kuat dan membangun kerja tim yang efektif..

Super Leader diselenggarakan untuk karyawan level menengah hingga manajerial. Program ini fokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan seperti komunikasi yang efektif, pengambilan keputusan yang tepat, pendelegasian yang bijaksana, dan kemampuan untuk menginspirasi serta memotivasi tim.

Adapun Super Team dilaksanakan untuk karyawan setingkat officer. Program ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antar anggota tim, meningkatkan efektivitas kerja tim, dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Kegiatan dalam program ini juga membahas tentang kerja tim, membangun kepercayaan, dan komunikasi yang efektif.

“Saya yakin melalui kegiatan ini, akan ditemukan cara baru untuk mengembangkan diri setiap karyawan sebagai Leader yang lebih baik dan tim yang lebih kuat. Nampak pada saat kegiatan, setiap individu memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar, berbagi, dan bertumbuh bersama. Saya percaya bahwa dengan semangat Super Leader dan Super Team, menjadi sebuah tim yang solid yang menjadi fondasi,” ungkap Tirta Hidayat, Direktur HUMI.

Terus menjadi prioritas

Komitmen manajemen HUMI yang menargetkan pengembangan karyawan sebagai prioritas, turut terlihat dari peningkatan 44% jam pelatihan karyawan pada tahun 2023, dibanding tahun sebelumnya, dengan realisasi dana pengembangan karyawan mencapai Rp1.441 juta.

Menghadapi tantangan dan perubahan di sektor energi serta industri kemaritiman, HUMI akan terus melanjutkan kebijakan strategis yang menitikberatkan pada pengembangan SDM. Adapun pada tahun 2024 ini, HUMI telah menargetkan pertumbuhan pendapatan perseroan sebesar 20%.

"Pengembangan SDM HUMI selaras dengan nilai-nilai Perseroan. Nilai-nilai ini terus diperkuat melalui tinjauan kinerja, dan pesan langsung dari Manajemen. Kami berkeinginan untuk tumbuh bersama dengan seluruh insan HUMI. Kami percaya bahwa keberlanjutan dapat diwujudkan dengan kemajuan bersama antara Perusahaan dan kepentingan karyawan baik di darat dan di atas kapal” pungkas Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat.

Selanjutnya: Unduh Aplikasi Kontan, Untuk Kabar Bisnis dan Investasi Tepercaya

Menarik Dibaca: Promo Superindo Hari Ini Periode 17-19 Mei 2024, Sasa Santan Kelapa Beli 2 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×