kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya operasikan 513 kilometer Tol Trans-Sumatera hingga akhir tahun 2020


Rabu, 30 Desember 2020 / 08:15 WIB
Hutama Karya operasikan 513 kilometer Tol Trans-Sumatera hingga akhir tahun 2020
ILUSTRASI. Pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung - Palembang membuka gerbang tol Keramasan


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga tutup tahun 2020, PT Hutama Karya (Persero) Tbk menambah operasional dua ruas tol menjadi 513 kilometer. Dua ruas yang menjadi bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tersebut adalah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang dirancang sepanjang 132 kilometer, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 kilometer.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto menuturkan, meski berada di tengah pandemi Covid-19 Hutama Karya tetap berkomitmen menyelesaikan mandat dari Pemerintah Indonesia.

“Tahun ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kami. Di samping mengutamakan kesehatan serta keselamatan para karyawan dan pekerja di proyek pembangunan JTTS yang merupakan proyek strategis nasional (PSN)," kata Suroto dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020).

Suroto menjelaskan, kedua ruas tol yang telah diresmikan dan dioperasikan pada tahun ini berdampak positif dan membawa value tersendiri bagi masing-masing wilayahnya.

Baca Juga: 80.978 Kendaraan melintas di jalan tol Trans Sumatera di hari pertama momen nataru

Tol Pekanbaru-Dumai menjadi tol terpanjang ke-3 di Indonesia, contohnya, memiliki keunikan khusus yakni di sepanjang jalan bebas hambatan tersebut terdapat Underpass Perlintasan Gajah (UPG) pertama di Indonesia.

"Kami berkoordinasi dengan BBKSDA Riau untuk tetap menjaga kelestarian gajah-gajah di Sumatra, agar keseimbangan infrastruktur dan ekosistem tercapai," jelasnya.

Sementara itu, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 menjadi tol dengan proses pembebasan lahan tercepat. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat peresmian bulan Agustus silam.

"Ini menjadi sebuah hal yang positif, karena pada prinsipnya pembangunan tol didukung oleh masyarakat dan pihak setempat,” ungkap Suroto.

Dengan beroperasinya dua ruas tol JTTS pada tahun 2020, maka Hutama Karya secara total telah mengoperasikan sebanyak tujuh ruas tol JTTS dengan total panjang 513 kilometer.

Adapun 5 (lima) ruas tol lainnya yang telah beroperasi secara penuh yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (141 kilometer), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung (189 kilometer), Tol Palembang-Indralaya (22 kilometer), hingga Tol Medan-Binjai seksi 2 & 3 (15 kilometer).




TERBARU

[X]
×