kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45839,62   -5,89   -0.70%
  • EMAS1.349.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya Tunggu Kementerian PUPR Terkait Investasi dan Biaya dari Penerapan MLFF


Kamis, 30 Mei 2024 / 17:01 WIB
Hutama Karya Tunggu Kementerian PUPR Terkait Investasi dan Biaya dari Penerapan MLFF
ILUSTRASI. Hutama Karya belum bisa merinci biaya maupun inevstasi untuk mengganti sistem kartu elektroknik ke nirsentuh


Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya masih belum dapat merincikan biaya maupun investasi terkait pergantian sistem dari kartu elektronik ke nirsentuh untuk sejumlah ruas jalan tol di Indonesia

Sebagaimana diketahui, setelah resmi menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN), sistem transaksi jalan tol nontunai dan nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) ditargetkan mulai diterapkan pada kuartal III-2024.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian PUPR terkait skema penerapan MLFF.

"Terkait investasi dan biaya yang dibutuhkan untuk penggantian sistem ini, Hutama Karya mengikuti proses pengadaan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR sebagai penggagas, termasuk pemasangan alat yang dilakukan," kata Adjib kepada Kontan, Kamis (30/5).

Baca Juga: Hutama Karya Pamerkan 17 Proyek Infrastruktur Air di World Water Forum

Ia juga menjelaskan pada penerapan sistem nirsentuh atau MLFF alat transaksi tapping kartu tidak lagi digunakan. 

"Sebagai gantinya, akan digunakan sensor yang terhubung dengan aplikasi  khusus yang terkoneksi ke masing-masing gerbang," ungkapnya.

Adapun, Hutama Karya memiliki beberapa strategi dalam penerapan pembayaran nir sentuh ini. Salah satunya, HK baka melakukan sosialisasi dan edukasi bertahap kepada pengguna jalan tol mengenai manfaat dan cara penggunaan sistem ini.

Adjib melanjutkan, Hutama Karya akan menyiapkan layanan bantuan agar setiap masalah dapat segera ditangani oleh petugas di lapangan.

Lebih lanjut, sebelum penerapan MLFF, akan dilakukan uji coba tahap awal dengan menerapkan sistem Single Lane Free Flow (SLFF). 

"Pada tahap ini, hanya satu jalur yang menggunakan sistem nirsentuh, dan secara bertahap jumlah jalur yang menggunakan sistem ini akan ditingkatkan," lanjutnya.

Baca Juga: Program Tol Nirsentuh MLFF Masuk PSN, Ini Alasannya

Terakhir, Hutama Karya menegaskan bahwa pihaknya menyambut baik aturan baru dari Pemerintah tersebut. Mereka optimis bahwa kebijakan MLFF bakal membuat efesiensi dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

"Hutama Karya menyambut baik rencana penerapan sistem nirsentuh ini. Kami percaya bahwa sistem ini akan membawa banyak manfaat, seperti peningkatan efisiensi, kenyamanan bagi pengguna jalan tol, dan pengurangan kemacetan di gerbang tol," pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News





[X]
×