kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IKN Dapat 305 Surat Pernyataan Minat (LoI), Terbanyak Investor Dalam Negeri


Senin, 20 November 2023 / 16:52 WIB
IKN Dapat 305 Surat Pernyataan Minat (LoI), Terbanyak Investor Dalam Negeri
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyek Tol IKN di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Tol IKN yang menghubungkan Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan jarak 57 kilometer itu telah mencapai progres 55 persen. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melaporkan sampai saat ini IKN telah mendapatkan 305 Surat Pernyataan Minat (LoI) investasi. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menjabarkan dari total tersebut sebanyak 172 diantaranya adalah investor domestik sementara sisanya tersebar dibeberapa banyak negara lainya seperti Singapura, Malaysia, China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Spanyol dll. 

"Prioritasi yang diminati oleh investor merah putih atau domestik memang menjadi prioritas kita," jelas Agung dalam konferensi pers daring, Senin (20/11). 

Baca Juga: Lebih Dari 300 LoI IKN, Jokowi: Investor Dalam Negeri Terlebih Dahulu

Agung juga mengatakan alasan LoI investor Indonesia lebih banyak daripada asing karena penajajakan pasarnya sudah dilakukan lebih dulu dan di pimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak tahun lalu. 

Selain itu, proses realisasi investasi IKN juga dibantu langsung oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang menjembatani calon investor dalam negeri dan OIKN. Sehingga menurutnya wajar, porsi investor IKN masih banyak dar dalam negeri. 

"Kadin ini intens sekali dalam menjebatani jadi wajar investor domestik lebih sat set karena Kadin berperan aktif disamping Presiden memimpin prosesnya langsung," jelas Agung. 

Dalam kesempatan ini, Agung juga menklarifikasi pernyataan Presiden Jokowi yang mengatakan bahwa IKN masih belum mendapatkan realisasi investasi dari asing. 

Agung menjelaskan bahwa IKN sudah mendapatkan investasi dari asing. Namun memang bentuknya adalah mitra dengan perusahaan domestik yang sudah melakukan groundbreaking pada tahap awal dan kedua beberapa waktu lalu. 

Misalnya, lanjut Agung, kerjasama investor asing dengan pengusaha lokal diantaranya seperti PSSI yang bermitra dengan FIFA sebagai investor asing, kemudian PLN yang bermitra dengan perusahaan Singapura dan RS Mayapada yang bermitra dengan investor India dan Jakarta International School (JIS) yang bermitra dengan AS. 

Baca Juga: Realisasi Investasi di IKN Baru Mencapai Rp 35 Triliun

"Jadi nyata investor asing masuk namun dibarengi dengan investor domestik dan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) investor asing yang masuk harus bermitra dengan investor domestik," kata Agung. 

Agung juga turut melaporkan sejauh ini realisasi investasi IKN telah mencapai Rp 35 trilun dan sampai akhir tahun ini pihaknya menargetkan realisasi investasi IKN bisa mencapai Rp 45 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×