kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Implementasi ESG di Sektor Properti, Buana Kassiti Group Perkuat Program CSR


Selasa, 13 Agustus 2024 / 11:22 WIB
Implementasi ESG di Sektor Properti, Buana Kassiti Group Perkuat Program CSR
ILUSTRASI. Joko Suranto Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerapan  lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan atau environmental, social, and governance (ESG) semestinya sudah jadi keharusan di industri properti. Aspek ini memberikan manfaat jangka panjang bagi bisnis pengembang meski tentu membutuhkan ongkos di awal.

Pentingnya menerapkan ESG karena pembangunan berkelanjutan tengah menjadi fokus perhatian masyarakat global saat ini untuk meminimalisir dampak perubahan iklim. Konsumen semakin melirik produk-produk dari perusahaan yang mengimplementasikan konsep ESG.

Dengan menerapkan praktik tersebut, perusahaan dinilai mampu menyeimbangkan antara orientasi profit bisnis dan keberlanjutan lingkungan sosial. Ke depan, komitmen dalam penerapan ESG akan sangat mempengaruhi perkembangan dan masa depan sebuah perusahaan.

Buana Kassiti Group juga menyadari pentingnya menerapkan ESG. Perusahaan milik ketua umum DPP Realestat Indonesia (REI), Joko Suranto, tersebut berkomitmen menjalankan prinisp ESG, terutama dari sisi sosial dengan konsisten menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca Juga: Dorong Pembangunan 3 Juta Rumah, Rei Dorong Pembentukan Kementerian Perumahan

Joko Suranto, CEO Buana Kassiti Group, mengatakan pihaknya telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara dan menerapkan kegiatan CSR yang bermanfaat bagi masyarakat. 
Salah satunya, membangun jalan rusak yang menghubungkan tiga desa di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, senilai Rp2,8 miliar. 

“Kontribusi itu sangat bermanfaat untuk mobilitas dan aktivitas sosial ekonomi warga sekitar, karena jalan tersebut sudah cukup lama rusak.” kata Joko salam keterangan resminya, Selasa (13/8). Buana Kassiti Group berdiri sejak 2008 dengan menghadirkan berbargai proyek perumahan. 

Di sektor properti, Joko Suranto mengusung gagasan Propertinomic yang mengaungkan peran penting sektor properti sebagai kekuatan besar dan pengungkit pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia juga bertekad untuk terus mengabdi untuk Indonesia melalui pembangunan perumahan bagi masyarakat, mengingat angka kekurangan (backlog) rumah nasional yang masih tinggi.

Baca Juga: REI Desak Pemerintah Tambah Kuota FLPP Tahun Ini

Sebagai Philantropis, Joko Suranto juga aktif membantu berbagai kegiatan sosial, keagamaan dan lingkungan dengan berbagai kontribusi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. 

Sebagai bentuk komitmennya dalam memberikan dampak sosial, Buana Kassiti Group berhasil meraih Prominent Award 2024, yakni ajang apresiasi khusus kepada korporasi swasta, emiten, BUMN dan yayasan yang telah berkontribusi dan bermanfaat untuk Indonesia.

Perusahaan di bidang properti, hotel, keuangan, retail dan manufaktur yang berbasis di Bandung, tersebut meraih penghargaan untuk kategori Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sosial Philantropi.

Sementara itu, Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan, pengembang harus terus didorong untuk mulai menerapkan konsep keberlanjutan dalam mengembangkan proyek-proyek propertinya. 

Ia menyadari ada cost tambahan yang harus diemban perusahaan properti untuk bisa menjalankan konsep berlenajutan tersebut. Oleh karena itu, ia meligst peran pemerintah diperlukan untuk memberikan insentif kepada pengembang yang sudah menerapkan ESG. “Ini tujuannya agar harga produk yang dijual tidak lebih mahal,” ujar Niwono kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Selanjutnya: Indonesia Finmin Says Global Economy Shadowed with Risk and Uncertainty

Menarik Dibaca: AirAsia Tambah Rute Penerbangan Internasional Baru, Denpasar-Kinabalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×