kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Indofood masih kuasai 70% pasar mi instan


Selasa, 01 Agustus 2017 / 21:00 WIB
Indofood masih kuasai 70% pasar mi instan


Reporter: Siti Maghfirah | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Penjualan mie instant tahun ini diproyeksikan akan mencapai 16 miliar bungkus. Angka ini naik 8% dari pencapaian tahun lalu sebesar 15 miliar bungkus. Target ini diperkirakan bakal tercapai melihat perolehan penjualan mie instant di paruh pertama.

Posisi Indofood melalui merk Indomie masih diyakini tetap menguasai pasar mie instant. Menurut Analis Joni Wintarja dari NHK Securities, posisi Indofood sebagai produsen mie instant terbesar masih susah untuk dilampaui oleh kompetitor, baik yang sudah lama maupun merk-merk baru.

"Karena Indonesia negara kepulauan dan sistem distribusi Indofood sudah menyeluruh. Barrier to entry-nya besar," ungkapnya kepada KONTAN, Selasa (1/8).

Selain itu, merek Indomie yang terlanjur sticky di otak masyarakat sulit terhapus. 

Tak heran bila hingga kini Indofood masih menguasai pangsa pasar mi instan sekitar 70% di pasar domestik. Peringkat kedua dipegang Wings Food dengan produk Mie Sedaap.

Ia bahkan meyakini bahwa belum ada strategi yang tepat bagi para kompetitor untuk menyaingi Indomie. "Susah karena dari sisi tepung gandum juga dikuasai Indofood. Mereka pegang peranan dari hulu ke hilir," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×