Reporter: Havid Vebri | Editor: Havid Vebri
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia tercatat sebagai pasar terbesar kedua bagi TikTok Shop setelah Amerika Serikat (AS) pada tahun 2024 lalu.
Total transaksi atau gross merchandise value (GMV) TikTok Shop yang kini berganti nama menjadi Shop Tokopedia, ditaksir mencapai US$ 6,198 miliar (sekitar Rp 100,5 triliun). Angka itu tumbuh 39% secara tahunan atau year on year (yoy).
Posisi Indonesia satu peringkat di bawah Amerika Serikat (A) yang menyumbang pendapatan senilai US$ 9 miliar (sekitar Rp 145,8 triliun). Transaksi belanja pengguna TikTok di AS ini tumbuh hingga 650%.
Adapun, total GMV TikTok Shop secara lobal yang ditaksir mencapai US$ 32,6 miliar pada 2024 ini. Jumlah ini setara dengan Rp 528,6 triliun.
Baca Juga: Layanan Marketplace Bukalapak (BUKA) Ditutup, Persaingan E-Commerce Makin Ketat
Kinerja GMV TikTok Shop ini berdasarkan laporan firma analisis data video commerce, Tabcut.com, sebagaimana dilaporkan Momentum Works.
Selengkapnya, berikut 8 negara yang menyumpang GMV terbanyak untuk TikTok Shop:
1. Amerika Serikat - US$ 9 miliar (sekitar Rp 145,8 triliun), tumbuh 650% yoy
2. Indonesia - US$ 6,198 miliar (sekitar Rp 100,5 triliun), tumbuh 39%yoy
3. Thailand - US$ 5,743 miliar (sekitar Rp 93 triliun), tumbuh 101%yoy
4. Vietnam - US$ 4,454 miliar (sekitar Rp 72,1 triliun), tumbuh 157% yoy
5. Filipina - US$ 3,12 miliar (sekitar Rp 50,5 triliun), tumbuh 116% yoy
6. Malaysia - US$ 2,724 miliar (sekitar Rp 44,1 triliun), tumbuh 104% yoy
7. Inggris - US$ 1,548 miliar (sekitar Rp 25 triliun), tumbuh 136% yoy
8. Singapura - US$ 391 juta (sekitar Rp 6,3 triliun), tumbuh 403% yoy
Produk kecantikan dan perawatan pribadi tetap menjadi kategori dominan di seluruh pasar TikTok Shop. Di Indonesia, sembilan dari sepuluh toko teratas dan delapan dari sepuluh produk terlaris berasal dari kategori ini.
"Di Indonesia, 9 dari 10 toko teratas dan 8 dari 10 produk terlaris berasal dari kategori kecantikan dan perawatan pribadi," tulis Momentum Works.
Sementara di AS, influencer atau KOL (key opinion leader) kecantikan menghasilkan 14 dari 20 sesi live shopping terlaris.
Sementara harga transaksi barang rata-rata di Indonesia pada tahun 2024 mencapai US$ 4,98, masih lebih tinggi dari Malaysia yang berada di angka US$ 4,64.
Adapun, harga transaksi barang rata-rata di AS mencapai US$ 19,64, harga tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Singapura yang tercatat US$ 19,77.
Selanjutnya: Kepala Bapanas Ungkap Alasan Program Bansos Beras dan SPHP Disetop Sementara
Menarik Dibaca: Samsung Unpacked Umumkan Galaxy S25 Series Terbaru, Ini Gebrakannya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News